Pemerolehan Morfologi dan Sintaksis pada Anak Usia Lima Tahun dalam Akun TikTok @shabiraalulaadnan
Morphology and Syntax Acquisition in Five-Year-Old Children in the TikTok Account @shabiraalulaadnan
Kata Kunci : konstruksi, Usia, Pemerolehan, Bahasa
Penelitian dengan judul “Pemerolehan Morfologis dan Sintaksis Anak Usia Lima Tahun dalam akun Tiktok @shabiraalulaadnan” dilatarbelakangi oleh penggunaan unsur pemerolehan Bahasa yang digunakan oleh anak usia lima tahun ketika berinteraksi dan diunggah dalam media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya konstruksi morfologis dan sintaksis bahasa Indonesia yang digunakan oleh anak usia lima tahun dengan factor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya pemerolehan Bahasa oleh anak usia lima tahun dalam akun Tiktok @shabiraalulaadnan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode simak sebagai metode pengumpulan data dengan teknik lanjutan yaitu simak bebas libat cakap (SLBC) serta metode distribusional sebagai metode penganalisisan data dengan teknik lanjutan pilah unsur langsung (PUL). Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data kalimat dari sebuah percakapan yang mengandung unsur konstruksi morfologis dan sintaksis serta merujuk pada factor yang melatarbelakangi pemerolehan bahasa oleh anak usia lima tahun dalam akun Tiktok @shabiraalulaadnan. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya pemerolehan Bahasa dalam lingkup morfologis berupa: penggunaan morfem bebas, penggunaan morfem terikat dengan imbuhan, penggunaan morfem berulang, penggunaan morfem berulang dengan imbuhan, serta keragaman jenis kata. Dalam lingkup sintaksis ditemukan beberapa data berupa jenis frasa (nomina, adjektiva, preposisional), dan kalimat (aktif, pasif, Tanya). Serta adanya faktor internal (mentalistic) berupa kematangan kognitif dan faktore mosional, serta factor eksternal (behaviorisme) berupa faktorl ingkungan keluarga/rumah, faktor lingkungan sekolah, sertaf aktor lingkungan bermain yang turur berperan dalam pemerolehan bahasa pada anak usia lima tahun.
Keywords : construction, age, acquisition, language
The research titled "Morphological and Syntactic Acquisition in a Five-
Year-Old Child on the TikTok Account @shabiraalulaadnan" is
motivated by the observation of language acquisition elements used by a
five-year-old child during interactions and postings on social media. This
study aims to identify the morphological and syntactic constructions in
Indonesian language used by the five-year-old child and the factors
influencing the language acquisition of the child on the TikTok account
@shabiraalulaadnan. This is a qualitative descriptive study utilizing the
observation method with the technique of free involvement observation
(SLBC) and the distributional method for data analysis with the technique
of direct element classification (PUL). The data used in this study
comprises sentences from conversations containing morphological and
syntactic constructions and refers to the factors influencing language
acquisition by a five-year-old child on the TikTok account @shabiraalulaadnan. The findings reveal the following aspects of
morphological acquisition: the use of free morphemes, bound morphemes
with affixes, reduplication of morphemes, reduplication with affixes, and
variation in word types. In terms of syntax, the study identifies several
types of phrases (nominal, adjectival, prepositional) and sentence
structures (active, passive, interrogative). Additionally, internal
(mentalistic) factors such as cognitive maturity and emotional factors, as
well as external (behaviorist) factors such as family/home environment,
school environment, and play environment, play roles in the language
acquisition of the five-year-old child.