IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING LEARNING DALAM MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA XI MIPA SMA NEGERI 1 LAMONGAN
IMPLEMENTATION OF PROBLEM SOLVING LEARNING MODELS IN BUILDING SIMPLE MANDARIN SENTENCES FOR STUDENTS OF XI MIPA SMA NEGERI 1 LAMONGAN
ABSTRAK
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING LEARNING DALAM
MENYUSN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA XI MIPA SMA
NEGERI 1 LAMONGAN
Nama : Adinda Elok Ramadhani
Nim : 19020774014
Program Studi : S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Nama Pembimbing : Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi model pembelajaran
Problem Solving Learning dalam menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada
siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Lamongan, mengidentifikasi keefektivitas model
pembelajaran Problem Solving Learning dalam menyusun kalimat sederhana bahasa
Mandarin pada siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Lamongan, serta mengidentifikasi respon
siswa terkait penggunaan model pembelajaran Problem Solving Learning dalam
menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa XI MIPA SMA Negeri 1
Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif dengan metode observasi, tes, dan angket. Sampel yang terdapat
pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Negeri 1
Lamongan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
analisis data observasi dengan menggunakan metode deskriptif persentase, teknik
analisis data tes dengan menggunakan rumus data statistik dan uji-t, serta teknik
analisis data angket dengan menggunakan metode deskriptif persentase. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran Problem
Solving Learning dalam menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa XI
MIPA SMA Negeri 1 Lamongan berjalan dengan sangat baik, dengan persentase 93,63%
pada pertemuan pertama kelas eksperimen dan pada pertemuan kedua kelas
eksperimen dengan persentase 91,11 %. (2) Keefektivitas model pembelajaran Problem
Solving Learning dalam menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Lamongan dari hasil Pre-Test memperoleh mean 43,1 dan Post- Test memperoleh mean 77,24, serta memperoleh nilai uji-t sebesar 0,28<0,05 dari hasil
kalkulasi data tes keseluruhan. (3) Angket respon siswa telah diisi oleh siswa kelas
eksperimen sebanyak 25 siswa, sehingga butir soal ke-1 yang paling banyak siswa
menyatakan setuju dengan persentase 52%, pada butir soal ke-2 yang paling banyak
siswa menyatakan setuju dengan persentase 56%, pada butir soal ke-3 yang paling
banyak siswa menyatakan setuju dengan persentase 52%, pada butir soal ke-4 yang
paling banyak siswa menyatakan netral dengan persentase 40%, pada butir soal ke-5
yang paling banyak siswa menyatakan setuju dengan persentase 44%, pada butir soal
ke-6 yang paling banyak siswa menyatakan setuju dengan persentase 52%, pada butir
soal ke-7 yang paling banyak siswa menyatakan setuju dengan persentase 52%, pada
butir soal ke-8 yang paling banyak siswa menyatakan setuju dengan persentase 60%, dan pada butir soal ke-9 yang paling banyak siswa menyatakan setuju dengan
persentase 44%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi
model pembelajaran Problem Solving Learning dalam menyusun kalimat sederhana
bahasa Mandarin pada siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Lamongan berjalan dengan sangat
baik, dan terbukti efektif, serta memperoleh respon yang baik.
Kata Kunci : Implementasi, Model pembelajaran Problem Solving Learning, Menyusun
kalimat sederhana, Bahasa Mandarin
ABSTRACT
IMPLEMENTATION OF PROBLEM SOLVING LEARNING MODELS IN BUILDING SIMPLE
MANDARIN SENTENCES FOR STUDENTS
OF XI MIPA SMA NEGERI 1 LAMONGAN
Name : Adinda Elok Ramadhani
Study Program : S1 Mandarin Language Education
Faculty of : Language and Art
Name of Institution : State University of Surabaya
Mentor Name : Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D.
This study aims to identify the implementation of the Problem Solving Learning model
in composing simple Chinese sentences for XI MIPA students at SMA Negeri 1
Lamongan, identify the effectiveness of the Problem Solving Learning model in
compiling simple Chinese sentences for XI MIPA students at SMA Negeri 1 Lamongan, and identify student responses regarding the use of the Problem Solving Learning
learning model in compiling simple Chinese sentences for XI MIPA students at SMA
Negeri 1 Lamongan. The type of research used in this research is descriptive
quantitative research with observation, test, and questionnaire methods. The samples in
this study were students of class XI MIPA 2 and XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Lamongan. The data analysis technique used in this research is the observation data analysis
technique using the percentage descriptive method, the test data analysis technique
using the statistical data formula and t-test, as well as the questionnaire data analysis
technique using the percentage descriptive method. The results of this study indicate
that (1) the implementation of the Problem Solving Learning learning model in
compiling simple Chinese sentences for XI MIPA students at SMA Negeri 1 Lamongan
went very well, with a percentage of 93.63% at the first meeting of the experimental
class and at the second meeting of the experimental class with a percentage of 91.11%. (2) The effectiveness of the Problem Solving Learning learning model in composing
simple Chinese sentences for XI MIPA students of SMA Negeri 1 Lamongan from the
Pre-Test results obtained a mean of 43.1 and the Post-Test obtained a mean of 77.24, and obtained a t-test score of 0.28<0.05 from the calculation results of the overall test data. (3) Student response questionnaires were filled in by 25 students in the
experimental class, so that in the 1st item the most students agreed with a percentage
of 52%, in the 2nd item the most students agreed with a percentage of 56%, on the 3rd
item most students agreed with a percentage of 52%, on the 4th item the most students
stated neutral with a percentage of 40%, on the 5th item the most students agreed with
a percentage of 44% , on item 6 the most students agreed with a percentage of 52%, on
item 7 the most students agreed with a percentage of 52%, on item 8 most students
agreed with a percentage of 60 %, and in the 9th item the most students agreed with a
percentage of 44%. From the results of this study it can be concluded that the
implementation of the Problem Solving Learning learning model in composing simple
Chinese sentences for XI MIPA students at SMA Negeri 1 Lamongan went very well, and
proved effective, and obtained a good response.
Keywords: Implementation, Problem Solving Learning learning model, Compiling simple
sentences, Mandarin