PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MELENGKAPI KALIMAT
TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DONGENG SISWA KELAS II SDN DI KECAMATAN MOJOSARI MOJOKERTO
Nama :
Rizkha Nur Azizah
Nim :
14010644116
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Nama Lembaga : Universitas
Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Asri Susetyo Rukmi,
M. Pd.
Strategi pembelajaran melengkapi kalimat
dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks dongeng. Strategi
melengkapi kalimat merupakan cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan
materi, dengan mengarahkan siswa untuk belajar melengkapi paragraf yang belum
sempurna dengan pilihan kata yang disediakan. Dengan strategi melengkapi
kalimat siswa dibantu dalam menuliskan kembali isi teks dongeng melalui proses
melengkapi kalimat-kalimat rumpang dongeng yang diberikan. Adapun tujuan
penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan strategi melengkapi
kalimat terhadap keterampilan menulis teks dongeng siswa kelas II SDN di Kecamatan Mojosari Mojokerto.
Jenis penelitian ini menggunakan quasy experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel
penelitian ini adalah siswa kels IIB SDN Wonokusumo sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 30 siswa dan siswa SDN Seduri sebagai kelas kontrol dengan
jumlah 28 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes.
Analisis data instrumen dilakukan dengan uji validitas instrumen dan uji
reliabilitas. Sedangkan analisis data hasil penelitian dilakukan dengan uji
normalitas dan uji hipotesis.
Hasil uji normalitas kelas eksperimen
didapatkan hasil signifikan nilai pretest
secara manual sebesar lhitung 0,1121
< ltabel 0 ,161
sehingga dapat dikatakan berdistribusi normal. Hasil signifikan nilai posttest secara manual sebesar lhitung
0,1309 < ltabel 0 ,161
sehingga dapat dikatakan data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji
hipotesis nilai pretest dengan thitung sebesar 1,6 <
2,00324 yang menunjukkan tidak adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Sementara itu,
hasil posttest sebesar
5,12>2,00324 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan
strategi melengkapi kalimat di kelas eksperimen. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran
melengkapi kalimat terhadap keterampilan menulis teks dongeng siswa kelas II
SDN di Kecamatan Mojosari Mojokerto.
Kata kunci : strategi pembelajaran
melengkapi kalimat, keterampilan menulis teks dongeng