Bundestagswahl atau pemilihan umum federal Jerman tahun 2017 diikuti oleh enam partai politik, yaitu CDU (Christlich Demokratische Union Deutschlands), SPD (Sozialdemokratische Partei Deutschlands), AfD (Alternative für Deutschland), FDP (Freie Demokratische Partei), Die Linke, serta Bündnis 90/ Die Grünen. Salah satu alat peraga kampanye yang memiliki peranan penting dalam meyakinkan konstituen adalah poster. Selain berisi gambar dan identitas partai, dalam poster juga terdapat slogan yang berisi visi serta pesan yang ingin disampaikan partai politik kepada khalayak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana makna slogan Bundestagswahl tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan makna yang terkandung dalam slogan Bundestagswahl tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data berupa kalimat slogan dianalisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes, yakni dianalisis berdasarkan makna denotatif dan konotatifnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing slogan memiliki makna tersirat yang berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meyakinkan pembaca agar memilih partai yang dikampanyekan.
Kata kunci: slogan, makna konotatif, Bundestagswahl
The German federal elections in 2017 were attended by six political parties, namely CDU (Christlich Demokratische Union Deutschlands), SPD (Sozialdemokratische Partei Deutschlands), AfD (Alternative für Deutschland), FDP (Freie Demokratische Partei), Die Linke and Bündnis 90 / Die Grünen. All parties have posters. Posters play an important role in convincing the constiuents. From the posters, people can not only see images and identities of the party, but also a slogan on the poster containing the vision and message that political parties want to convey to the public.
The formulation of the problem in this study is how the meaning of the slogan on the 2017 German election poster. This study aims to describe the meaning contained in the slogan on the 2017 federal election campaign poster. This type of research is descriptive qualitative research. Data in the form of the slogan sentences were analyzed using Roland Barthes's semiotic theory, which was analyzed based on denotative and connotative meanings. The results of this study indicate that each slogan has different implicit meanings but has the same purpose, namely to convince the constituents to choose the campaigned party.
Keywords: Slogan, connotative meaning, federal elections