ABSTRAK
Purwono ,
201 9 . Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika
dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir
Kritis Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis. Tesis ,
Program S tudi Pendidikan S ains,
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Wahono
Widodo, M.Si., (2) Dr. Z.A. Imam Supardi
Kata kunci: Keterampilan
Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran dengan P endekatan Keterampilan P roses S ains
untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan ( Research
and D evelopment) yang dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu tahap
pengembangan perangkat yang mengikuti model Dick and Carey, validasi perangkat dan
tahap pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan rancangan pretest-posttest design. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKS, LP dan Buku Siswa. Analisis
data yang dilakukan meliputi validasi perangkat yaitu RPP, LKS, LP, dan Buku
Siswa, analisis keterbacaan LKS dan Buku Siswa, keterlaksanaan RPP, aktivitas
siswa, respon siswa, ketuntasan hasil belajar konsep dan keterampilan berpikir
kritis. Implementasi dilakukan pada
siswa SMA Al Hikmah Surabaya. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai
berikut: validasi RPP berkategori valid , buku siswa dan LKS
berkategori valid , selanjutnya LP untuk konsep berkategori valid dan
untuk keterampilan berpikir kritis berkategori valid. Skor penilaian
keterbacaan buku siswa dan LKS menunjukkan
bahwa isi, penampilan, dan gambar menarik bagi siswa. Keterlaksanaan RPP
dalam kategori baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa yang paling dominan adalah melakukan pengamatan, merencanakan
eksperimen, dan melakukan eksperimen atau bekerja dengan keterampilan proses
sains untuk melatih keterampilan berpikir kritisnya. Respon siswa relevan terhadap pembelajaran
dengan pendekatan keterampilan proses sains. Ketuntasan individual dan klasikal
hasil belajar produk, proses, psikomotor dan keterampilan berpikir kritis telah
tercapai. Berdasarkan
hasil analis is
data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan P endekatan K eterampilan P roses Sains layak (valid, praktis, dan
efektif) untuk
melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.