Hubungan Habits of Mind dan Sikap Terhadap Sains dengan Literasi Sains
The Correlation of Habits of Mind and Attitude towards Science in Scientific Literacy
Kemampuan literasi sains yang baik didukung dengan beberapa faktor yang berpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan profil penguasaan literasi sains, habits of mind, dan sikap terhadap sains, (2) mengidentifikasi korelasi habits of mind dengan literasi sains, (3) mengidentifikasi korelasi sikap terhadap sains dengan literasi sains, dan (4) mengidentifikasi korelasi habits of mind dan sikap terhadap sains dengan literasi sains pada materi fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan 50 siswa dari SMA Negeri 4 Surabaya dengan menggunakan metode penelitian ex-post facto. Instrumen pengambilan data menngunakan instrumen tes literasi sains materi fluida dinamis, angket habits of mind, dan angket sikap terhadap sains untuk mengumpulkan data. Data yang didapatkan dianalisis secara analisis statistik inferensial menggunakan regresi sedehana, regresi berganda, uji korelasi sederhana, dan uji korelasi berganda. Hasil dari penelitian didapatkan: (1) penguasaan habits of mind, sikap terhadap sains, dan literasi sains siswa pada materi fluida dinamis termasuk dalam kriteria tinggi, (2) habits of mind dan literasi sains memiliki korelasi positif yang sedang dengan nilai r = 0,574, (3) sikap terhadap sains dan literasi sains memiliki korelasi positif yang lemah dengan nilai r = 0,352, (4) habits of mind dan sikap terhadap sains dengan literasi sains siswa pada materi fluida dinamis memiliki tkorelasi positif yang kuat dengan nilai r = 0,613. Selain itu habit of mind dan sikap terhadap sains berkontribusi 37,6% pada literasi sains siswa. Penelitian ini mengimplikasikan jika habist of mind dan sikap terhadap sains berperan penting dalam meningkatkan keterampilan literasi sains siswa.
Kata Kunci: habits of mind, sikap terhadap sains, literasi sains.
Several influential factors impact scientific literacy skills. This study pursues to: (1) describe the capability of scientific literacy, habits of mind, and attitudes towards science, (2) identify the correlation habits of mind and scientific literacy, (3) identify the correlation attitude towards science and scientific literacy, and (4) identify the correlation of habits of mind and attitude towards science in scientific literacy on dynamic fluid. This study used 50 students from SMA Negeri 4 Surabaya. This study is an ex-post-facto study that uses scientific literacy test instruments by dynamic fluid topic, habits of mind questionnaires, and attitudes towards science questionnaires to collect data. The data obtained were analyzed using inferential statistic-analysis with simple regression, multiple regression, simple correlation, and multiple correlation tests. The results of the research obtained: (1) capability of habits of mind, attitude towards science and scientific literacy of students on the dynamic fluid are in the high criteria, (2) habits of mind and scientific literacy have a moderate positive correlation with a value of r = 0.574, (3) attitudes towards science and scientific literacy have a weak positive correlation with a value of r = 0.352, (4) habits of mind and attitude towards science in student scientific literacy on dynamic fluid have a strong positive correlation with a value of r = 0.613. Besides, habits of mind and attitude towards science contributed 37.6% to student scientific literacy. This study implies that the habits of mind and attitude towards science have an essential impact in building on the scientific literacy skills of the student.
Keywords: habits of mind, attitude towards science, scientific literacy.