ABSTRAK
Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Keterampilan berbicara merupakan keterampilan bahasa yang cukup sulit dalam bahasa Jerman. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penerapan keterampilan berbicara dalam pembelajaran. Seperti halnya yang terjadi di SMAN 1 Mojosari. Oleh karena itu, di SMAN 1 membutuhkan model pembelajaran yang berbeda, seperti “Kartu Arisan”. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe kartu arisan adalah salah satu pembelajaran kooperatif atau berkelompok, dimana peserta didik bekerjasama dalam kelompok untuk mendiskusikan kesesuaian jawaban. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mojosari dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mojosari dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Adapun data penelitian ini yaitu berupa angket dan tes sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar untuk keterampilan berbicara bahasa jerman peserta didik kelas XI dengan Model Pembelajaran Tipe Kartu Arisan mengalami peningkatan. Pada pertemuan pertama rata-rata nilai peserta didik 74. Pertemuan kedua nilai rata-rata peserta didik 81. Pada pertemuan ketiga rata-rata nilai peserta didik 85. Melalui hasil angket lebih dari 50% menunjukkan respon positif dari peserta didik pada seluruh aspek. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan dapat digunakan untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan, Keterampilan Berbicara
Abstract
Speaking skills is the ability to pronounce sounds articulation or words to express, declare and convey thoughts, ideas, and feelings. The skills of speaking are language skills which is quite difficult in German. The cause of the problem in SMAN 1 Mojosari is speaking skills is not enough. Therefore, in SMAN 1 Mojosari require different learning models, such as “Kartu Arisan”. Learning model “Kartu Arisan” is one of cooperative learning or group setting, where students work in groups to discuss the suitability of the answers. The problem of this research is “How is the teaching result of the speaking skills of the students class XI SMAN 1 Mojosari in learning German with learning model Kartu Arisan”. The purpose of this research is describes how the learning outcomes of students class XI SMAN 1 Mojosari in learning speaking skills with learning model “Kartu Arisan”.
The research method used is qualitative research. As data of this research use questionnaire and test. The results showed that the learning outcomes for the skill of speaking German language students class XI with learning model “Kartu Arisan” experience increase. At the first meeting the average value of the students 74. The second meeting the average value of students 81. The third meeting the average value of students 85. Through the results of questionnaire more than 50% shows a positive response from students on all aspects of. Thus it can be conclueded that learning model “Kartu Arisan” can be used to the skill of speaking German language students of class XI.
Keyword : Cooperative Learning Model The Type Of Card The Gathering, Speaking Skills