ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA
ANALYSIS OF APPLICATION OF JIGSAW COOPERATIVE LEARNING MODEL IN CLOTHING SKILLS LEARNING
Pembelajaran keterampilan tata busana merupakan keterampilan yang memadukan antara pembelajaran tentang materi dan praktik.Penggunaan model pembelajaran yang benar dapat mempengaruhi kinerja siswa dalam menyerap bahan ajar yang diberikan guru dan mempengaruhi hasil belajar.Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah : (1) Guna menganalisis keberhasilan pengaplikasian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dari hasil penelitian yang terdahulu. (2) menganalisis dampak dari penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam pembelajaran keterampilan tata busana,mengkaji kekurangan yang dapat terjadi dalam praktiknya. Metode yang dipakai dalam penelitian ialah pendekatan literature review dengan data pendukung yang diperoleh dari jurnal penelitian, jurnal penelitian nasional maupun internasional dan juga dari buku sumber. Hasil dari penelitian ini,adalah : (1) Penelitian ini menunjukan bahwa lebih dari 90% hasil pembelajaran meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. (2) Meningkatkan keaktifan, mengembangkan sikap kerja sama, saling menghargai, disiplin, jujur, tanggung jawab siswa dalam mengikuti pembelajaran serta dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa itu sendiri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. (3) Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat digunaka pada pelajaran praktik juga dapat digunakan dengan menambahkan variasi-variasi dalam pelaksaannya. (4) Pembelajaran cooperative tipe jigsaw iani dapat berjalan bila pendidik menjabarkan sasaran yang ingin diraih dalam pembelajaran yang akan diimplementasikan.(5) Kekurangan dalam pembelajaran ini adalah waktu pelaksanaan yang lama, membutuhkan membutuhkan persiapan yang lebih sistematis dan terprogram, kurang nya kerja sama antar siswa dan beban siswa lebih besar.
Learning fashion skills is a skill that combines learning about material and practice. The use of the correct learning model can affect student performance in absorbing teaching materials provided by the teacher and affect learning outcomes. The objectives of this research are: (1) To analyze the success of the application jigsaw type cooperative learning model from the results of previous research. (2) analyze the impact of the application of the jigsaw cooperative learning model in learning fashion skills, examine the shortcomings that can occur in practice. The method used in the research is a literature review approach with supporting data obtained from research journals, national and international research journals and also from source books. The results of this study are: (1) This study shows that more than 90% of learning outcomes increase after using the jigsaw type cooperative learning model.(2) Increase activity, develop cooperative attitudes, mutual respect, discipline, honesty, responsibility of students in participating in learning and can increase students' self-confidence, increase students' knowledge and skills. (3) This jigsaw type of cooperative learning can be used in practical lessons and can also be used by adding variations in its implementation. (4) Jigsaw cooperative learning can work if the educator describes the goals to be achieved in the learning to be implemented. (5) The drawback in this learning is the long implementation time, requires more systematic and programmed preparation, lack of cooperation between students and the student load is greater.