Program Kecakapan
Hidup merupakan suatu program yang
membekali peserta didik dengan berbagai keterampilan, terutama dalam
keterampilan teknik desain dan furniture, a g a r tuj ua n se bua h pro g r a m t e rc a p a i sec a ra e f e kti f da n e fisien
maka dibutuhkan pelaksanaan program kecakapan hidup. P e ne li ti a n ini be rtujua n untuk mendiskripsika n da n me ng a n a li sis tenta ng
1) Latar belakang penyelenggaraan program kecakapan hidup 2) Deskripsi Pembelajaran program kecakapan hidup 3) Indikator Keberhasilan
program kecakapan hidup di MAN 1 Gresik.
P e ne li ti a n ini meng g un a ka n pe nde ka tan ku a li tatif
de nga n metode stu di ka sus
menggunakan analisis deskriptif. P e nga mbi lan da t a men gg una k a n teknik wa wa n ca r a , obse rv a si, d a n studi dokumenta si. Ana li sis da ta y a n g di g una k a n a da lah konde nsa si d a ta, pe n y a ji a n da t a,
da n
ve rif ikasi d a ta. Uji k ea bsa ha n
da ta dil a kuk a n de nga n men gg una k a n tri a ng ul a si sumbe r
da ta, tri a n g ul a si teknik, da n me mb e rc he c k .
P e n g e ce ka n k ea bs a h a n da ta
mengg un a ka n uji k re di bil it a s, uji tra nsfe r a bil it a s, uji de pe nd a bil it a s, da n
uji konfir mabili tas. Ta ha p - t a ha p pe ne li ti a n y a n g dil a kuka n oleh pe ne li ti a da lah 1) Ta ha p P ra L a p a n g a n 2) Ta ha pa n K e g iat a n
L a pa n g a n
3) T a ha p a n a na li sis data.
Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang diselenyelenggarakannya
program kecakapan hidup melalui keterampilan teknik desain dan furniture
peserta didik dalam mendapatkan sertifikasi keahlian di MAN 1 Gresik pada tahun
1998 yang bertujuan untuk mengoptimalkan program keterampilan bagi peserta
didik agar setelah lulus memiliki daya
saing di dunia kerja.dan nantinya diharapkan mampu memecahkan problematika
kehidupan yang akan dihadapi termasuk mencari atau menciptakan pekerjaan bagi
mereka yang tidak melanjutkan di perguruan tinggi ( 2) Deskripsi pembelajaran dari program kecakapan hidup melalui
keterampilan teknik desain dan furniture peserta didik dalam mendapatkan
sertifikasi keahlian yakni proses pembelajarannya dilakukan di kelas dan di
bengkel ditempuh dengan 2 sks dalam satu minggu sekali (3) Indikator keberhasilan dari program
kecakapan hidup melalui keterampilan teknik desain dan furniture peserta didik
dalam mendapatkan sertifikasi keahlian adalah peserta didiknya yang sudah bisa
menggunakan alat tangan, membuat produk,dan memasarkan produknya, serta dengan
adanya pemberian sertifikat keahlian untuk mengetahui hasil belajar dan daya
serap peserta didik selama 3 tahun belajar di madrasah.
Kata K unc i: program kecakapan hidup, keterampilan teknik desain dan furniture, sertifikasi keahlian