KELAYAKAN MEDIA MAKET CARDBOARD DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MENGGAMBAR POTONGAN BANGUNAN
FEASIBILITY OF CARDBOARD MAQUETTE MEDIA AND LEARNING MEDIA IN THE BUILDING SECTION DRAWING LESSON
Abstrak
Berdasarkan hasil diskusi dengan waka kurikulum SMK Negeri 7 Surabaya didapat bahwa tercapainya pembelajaran yang aktif dan berjalan sesuai dengan rencana diperlukan beberapa stimulus dalam pelaksanaannya agar menumbuhkan minat belajar siswa. Stimulus tersebut bisa dilakukan dengan pemberian media pembelajaran yang baru serta pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam rencana pelaksanaa pembelajaran. Media maket dalam kamus memiliki arti yaitu bentuk tiruan yang berguna menampilkan atau memvisualisasikan bangunan benda yang ditirunya persis, tanpa perlu mengamati objek aslinya dengan skala kecil yang terbuat dari berbagai bahan. Dari kajian penelitian yang relevan menunjukkan bahwa media maket yang tervalidasi sangat baik terhadap peningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dari media maket cardboard dan perangkat pembelajaran pada pelajaran menggambar potongan bangunan.
Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif menggunakan teknik dalam pengambilan data berupa angket validasi media maket cardboard, angket validasi silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Analisis validasi yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen pengumpulan data dengan penjumlahan nilai yang direkapitulasi kemudian dihitung skor kriteria didapat, setelah itu dipersentasekan dan disesuaikan dengan tabel persentase kualifikasi penilaian.
Hasil penelitian kelayakan media maket cardboard pelajaran menggambar potongan bangunan menunjukan kategori Layak karena maket ini dibuat sedemikian rupa untuk mempermudah siswa dalam belajar potongan bangunan. Hasil kelayakan perangkat pembelajaran dari Silabus mendapatkan hasil kategori layak dan penilaian RPP mendapatkan hasil kategori sangat layak. Pada pengembangan silabus dilakuakan perubahan pada indikator pencapaian yang mengarah pada penilaian KI 4, sedangkan dalam pengembangan penyusunan RPP diterapkan sesuai indikator dalam silabus dan dijelaskan sedetail mungkin dalam pelaksanaannya.
Kata Kunci: Kelayakan, Media Maket, Perangkat Pembelajaran.
Abstract
Based on the results of discussions with the curriculum teacher of Surabaya State Vocational School 7 Surabaya was found that the achievement of active learning and going according to plan required some stimulus in its implementation to foster student interest. The stimulus could be done by providing learning media as well as selecting appropriate learning models in the learning implementation plan. The maquette media in the dictionary has a meaning that is a form of imitation that is useful to display or visualize the building of the object that it imitates exactly, without the need to observe the original object on a small scale made of various materials. The relevant research studies show that validated maquette media is very good at improving student learning outcomes. The purpose of this study was to determine the feasibility of a cardboard maquette media and learning media in the building drawing lesson.
This type of research is a qualitative descriptive study using techniques in data collection a cardboard maquette media validation questionnaire, syllabus and RPP (Learning Implementation Plan) validation questionnaire. The validation analysis used is a data collection instrument with a summation of the recapitulated values then calculated the criteria scores, presented and adjusted to the percentage table of qualification assessments.
The results of the feasibility of a cardboard maquette media lesson drawing building section show the Feasible category because this maquette is made to facilitate students in learning the building section. The results of the feasibility of learning media from the Syllabus get a feasible category and RPP assessments get a very feasible category. In the development of the syllabus changes were made to the indicators of achievement that led to the assessment of KI 4, while in the development of the preparation of the RPP applied according to the indicators in the syllabus and explained in as much detail as possible in its implementation.
Keywords: Feasibility, maquette Media, Learning Media.