PERANCANGAN ZINE SEBAGAI DISPLAY PENJELASAN 3D PRACTICAL INTERIOR KANTOR PT. DIGITAL VISION INDONESIA
ZINE DESIGN AS 3D PRACTICAL INTERIOR EXPLANATION DISPLAY FOR PT. DIGITAL VISION INDONESIA'S OFFICE
Ketertarikan berbagai pihak pada bisnis properti semakin meningkat, karena nilai investasi yang terus mengalami kenaikan. Nilai tersebut mengakibatkan naiknya harga jual dan sewa properti tanah di Surabaya, hal ini berdampak pada PT. Digital Vision Indonesia yang baru saja mengkontrak properti kantor dengan budget ekonomis di Surabaya. Kontrak properti kantor dengan luas terbatas, menuntut civitas PT. Digital Vision Indonesia untuk berkreasi pada penataan interior untuk memaksimalkan fungsionalitas. Oleh karena itu PT. Digital Vision Indonesia memerlukan rancang rencana untuk menekan anggaran biaya, serta media cetak praktis sebagai penjelasan fungsi-fungsi setiap sudut penataan interior. Tujuan perancangan adalah untuk menjawab solusi permasalahan perusahaan dengan zine sebagai referensi renovasi kantor. Perancangan ini menggunakan metode deskriptif dengan alur design thinking, Adapun langkah-langkah yang digunakan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test yang bertujuan untuk memahami kebutuhan PT. Digital Vision Indonesia, dan sebagai tuntunan eksekusi solusi kreatif. Hasil perancangan ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan meliputi: visualisasi 3D practical interior dengan media cetak self publish zine sebagai penjelasan gambaran interiornya.
The interest of various parties in the property business is increasing, because the investment value continues to increase. This value resulted in an increase in the selling and rental prices of land properties in Surabaya, this issue had an impact on PT. Digital Vision Indonesia, which has just contracted an office property with an economical budget in Surabaya. An office property contract with a limited area, demands that the community of PT. Digital Vision Indonesia to be creative in interior arrangement to maximize functionality. Therefore PT. Digital Vision Indonesia requires a design plan to reduce budget costs, as well as practical print media as an explanation of the functions of every corner of the interior arrangement. The purpose of the design is to answer the company's problem solutions with a zine as an office reference. This design uses the design thinking method with the aim of understanding the needs of PT. Digital Vision Indonesia, and as a guide for the execution of creative solutions. The results of this design are in accordance with what is needed by the company including: 3D practical interior visualization with self-published zine print media as an explanation of the interior picture.