Analisis Faktor Pengaruh Hasil Belajar Siswa Materi Ekologi Sekolah Menegah Atas Pada Masa Pandemi Covid-19
Analysis Of Factor That Affecting Student Learning Outcomes In High School Ecology Materials In Covid-19 Pandemic Period
Pendidikan ekologi penting diberikan untuk membantu siswa menjadi individu yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan bertanggung jawab demi memelihara keseimbangan antara kehidupan dan lingkungan hidup. Hasil belajar materi ekologi merupakan salah satu indikator pencapaian sikap peduli terhadap lingkungan, kemampuan merawat, dan tanggung jawab terhadap kehidupan untuk mencapai perubahan gaya hidup dan perilaku ramah lingkungan. Faktor eksternal dan faktor internal dapat mempengaruhi hasil belajar materi ekologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan siswa, dan bagaimana cara mengajar guru biologi selama pembelajaran daring dirumah, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi hasil belajar materi ekologi siswa SMA. Penelitian ini memanfaatkan mix method dengan sequential explanatory dengan analisis regresi linier berganda terhadap 44 sampel siswa SMA kelas X di Kecamatan Jambangan. Penelitian ini menghasilkan kategorisasi hasil belajar kognitif siswa pada materi ekologi secara berturut-turut dari sangat baik: baik: cukup: perlu bimbingan adalah 0%: 2.27%: 13.63%: 84.10%. Berdasarkan kategorisasi hasil belajar kognitif siswa pada materi ekologi, 14.8% dipengaruhi faktor lingkungan dan faktor cara mengajar guru, sedangkan 85.2% oleh faktor selain dalam penelitian. Faktor cara mengajar guru (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung 2.499. Kontribusi faktor lingkungan dan faktor cara mengajar guru dalam hasil belajar dituliskan dengan persamaan Hasil belajar = -5.758 + (-0.413) Lingkungan + 1.117 Cara Mengajar Guru. Simpulan dari penelitian ini adalah faktor cara mengajar guru biologi berpengaruh besar atas perolehan hasil belajar siswa.
Ecology education is important to be given to help students become an individuals who have the knowledge, skills, and are responsible for maintaining a balance between life and the environment. Ecology material learning outcomes are an indicator of the achievement for caring attitude towards the environment, the ability to care for, and responsibility for life to achieve changes in lifestyle and environmentally friendly behavior. External factors and internal factors can affect the learning outcomes of ecology material. This study aims to find out the environmental conditions of students and how to teach biology teachers when learning online from home and how much it affects the learning outcomes of high school students' ecology material. This research use a mixed method with sequential explanatory with multiple linear regression analysis on 44 samples of class X high school students in Jambangan District. This research resulted in categorization of students' cognitive learning outcomes on ecology material in a row from very good: good: sufficient: need guidance is 0%: 2.27%: 13.63%: 84.10%. Based on the categorization of students' cognitive learning outcomes on ecology material, 14.8% was influenced by environmental factors and teacher teaching methods, while 85.2% by factors other than research. The teacher teaching method factor (X2) has a positive and significant effect on student learning outcomes with a t-value of 2.499. The contribution of environmental factors and factors of how teachers teach to learning outcomes written as the learning outcomes equation = -5.758 + (-0.413) Environment + 1.117 How to teach teachers. The conclusion of this study is that the teaching method of biology teachers has a major influence on the acquisition of student learning outcomes.