EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STIMULASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KREATIF DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
THE EFFECTIVENESS OF USING VISUAL STIMULATION IN LEARNING TO WRITE CREATIVE POETRY IN GRADE IV ELEMENTARY SCHOOL
Metode stimulasi visual digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas IV sekolah dasar. Respon dari peserta didik dan guru terhadap pembelajaran menggunakan metode stimulasi visual diukur menggunakan instrumen efektivitas pembelajaran menurut teori Slavin dan Instrumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG) 1 dan 2. Hasil rata-rata dari angket instrumen efektivitas pembelajaran adalah 3,59, sedangkan IPKG 1 adalah 3,38 dan IPKG 2 adlah 3,35, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan metode stimulasi visual dalam pembelajaran menulis puisi di kelas IV mendapatkan respon yang positif baik dari peserta didik maupun guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas terhadap penggunaan metode stimulasi visual dalam pembelajaran menulis puisi kelas IV dari hasil penilaian posttest kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata posttest 75,89 dan kelas eksperimen adalah 82,32. Kemudian, dari olah data uji t-test didapatkan hasil 0,002, yang artinya 0,002 < 0,005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Stimulasi Visual efektif dalam rangka menaikkan tingkat kemampuan menulis puisi kelas IV sekolah dasar.
The visual stimulation method is used to improve the poetry writing skills of fourth grade elementary school students. The response of learners and teachers to learning using the visual stimulation method was measured using learning effectiveness instruments according to Slavin's theory and Teacher Performance Assessment Instruments (IPKG) 1 and 2. The average result of the learning effectiveness instrument questionnaire is 3.59, while IPKG 1 is 3.38 and IPKG 2 is 3.35, so it can be concluded that the use of visual stimulation methods in learning to write poetry in class IV gets a positive response from both students and teachers. The results showed the effectiveness of the use of visual stimulation methods in learning to write poetry in grade IV from the results of the posttest assessment of the control class obtained an average posttest result of 75.89 and the experimental class was 82.32. Then, from the t-test data processing, the result is 0.002, which means 0.002 <0.005 so Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that the Visual Stimulation method is effective in order to increase the level of ability to write poetry in class IV elementary school.