PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DENGAN KRAYON PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP SEMEN GRESIK
LEARNING TO DRAW ILLUSTRATIONS WITH CRAYONS IN EXTRACURRICULAR ACTIVITIES AT SMP SEMEN GRESIK
Penelitian pembelajaran menggambar ilustrasi dengan krayon pada ekstrakurikuler di SMP Semen Gresik ini dilatar belakangi oleh tiga faktor yang didapatkan setelah melakukan observasi pra penelitian di SMP Semen Gresik. Tiga faktor tersebut berupa kegiatan ekstrakurikuler lukis, peserta didik belajar mewarnai dan bahan menggambar krayon.
Dari latar belakang tersebut muncul masalah dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan menggambar ilustrasi dengan krayon, hasil karya peserta didik dan kesulitan yang dialami peserta didik dalam menggunakan krayon.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan guru pembina dan peserta didik, tes praktik berupa pret test dan post test, angket untuk peserta didik dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu proses pembelajaran menggambar ilustrasi dengan krayon yang dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang menggambar, hasil karya peserta didik pada pre test, mengalami perkembangan kemampuan dalam menggunakan krayon pada post test. Pada pre test 50% peserta didik masuk kategori baik dan 50% masuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada post test 12,5% peserta didik naik ke kategori sangat baik dan 87,5% peserta didik masuk dalam kategori baik. Selain itu terdapat beberapa kesulitan yang dialami peserta didik dalam menggunakan krayon untuk bahan menggambar. Dari persentase ini, peserta didik mengalami peningkatan kemampuan dengan adanya pembelajaran tentang pemahaman teknik dalam suatu bahan untuk menggambar.
Kata kunci : pembelajaran, ilustrasi, krayon, ekstrakurikuler
This research on learning to draw illustrations with crayons in extracurricular activities at Semen Gresik Junior High School is motivated by three factors obtained after conducting pre-research observations at Semen Gresik Junior High School. The three factors are extracurricular painting activities, students learning to color and crayon drawing materials.
From this background, a problem arose with the research objective to describe the process of implementing illustration drawing with crayons, the work of students and the difficulties experienced by students in using crayons.
This research is a qualitative research using data collection techniques in the form of interviews with supervising teachers and students, practical tests in the form of pretests and post tests, questionnaires for students and documentation. The data analysis technique uses data reduction, data presentation, and conclusion drawing.
The results of this study are the learning process of drawing illustrations with crayons that can help students to improve their ability in the field of drawing, the work of students in the pre test, experiencing the development of ability to use crayons in the post test. In the pre test 50% of learners were in the good category and 50% were in the sufficient category. Whereas in the post test 12.5% of learners rose to the excellent category and 87.5% of learners entered the good category. In addition, there are some difficulties experienced by students in using crayons for drawing materials. From this percentage, students experience an increase in ability with learning about understanding techniques in a material for drawing.
Keywords: learning, illustration, crayons, extracurriculars