ANALISIS KONTEN VISUAL POST INSTAGRAM RILIV DALAM MEMBENTUK CUSTOMER ENGAGEMENT
VISUAL CONTENT ANALYSIS OF INSTAGRAM POST RILIV IN DEVELOPING CUSTOMER ENGAGEMENT
Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna yaitu sebanyak 126 juta pengguna. Jumlah pengguna yang banyak tersebut dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis termasuk Riliv yang merupakan aplikasi kesehatan mental no.1 di Indonesia untuk menggunakan instagram sebagai media dalam melakukan strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui komponen konten visual yang digunakan pada akun instagram Riliv dalam membentuk customer engagement serta tingkatan customer engagement yang telah didapatkan. Penelitian ini menggunakan analisis teori desain komunikasi visual guna membedah dan mengetahui komponen konten visualnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Riliv dapat menyampaikan tujuan dan makna isi konten melalui komponen-komponen konten visual yaitu tipografi, ilustrasi/ fotografi/videografi, warna, layout, dan simbolisme yang ada pada konten instagram Riliv, serta mengetahui tahapan customer engagement yang dibentuk oleh Riliv telah sampai pada tingkatan yang tertinggi, yaitu kolaborasi. Serta diketahui pula apabila konten visual bukanlah poin utama dalam mempengaruhi jumlah interaksi.
Instagram is one of the social media that has many users. The large number of users is utilized by businesses including Riliv who is the no.1 mental health app in Indonesia to use instagram as a medium to conduct marketing strategies. The purpose of this research is to know the visual content komponents used on instagram Riliv account in shaping customer engagement as well as the level of customer engagement that has been obtained. This study uses visual communication design theory analysis to dissect and know the components of visual content. The research method used is descriptive qualitative approach. The results showed that Riliv is able to convey the purpose and meaning of content through visual content components, namely typography, illustration/photography/videography, color, layout, and symbolism in Riliv’s instagram content, as well as knowing the stages of customer engagement formed by Riliv has reached the highest level, namely collaboration. Also known if visual content is not the main point in influencing the number of interactions.