ANALISIS KUALITAS LAYANAN WISATA EMBUNG BANDUNG BONDOWOSO DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGUNJUNG
ANALYSIS OF EMBUNG BANDUNG BONDOWOSO TOURISM QUALITY IN INCREASING VISITOR SATISFACTION
ANALISIS KUALITAS WISATA EMBUNG BANDUNG BONDOWOSO DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGUNJUNG
ABSTRAK
Perkembangan sektor pariwisata di Indonesia dewasa ini semakin meningkat. Perkembangan ini dapat dilihat dari jumlah wisatawan baik berasal dari dalam negeri maupun luar negeri yang berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya yang terus mengalami peningkatan. Pemerintah dalam hal ini Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sedang mengecarkan program desa wisata. Pengunjung Desa Wisata Embung Banudng Bondowoso terus mengalami peningkatan, namun pengelola desa wisata melakukan pembatasan pengujung karena pengelola desa wisata merasa bahwa kualitas pelayanan yang diberikan masih belum baik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganilisakualitas layanan yang terdapat pada tempat wisata embung bandung bondowoso dalam meningkatkan kepuasan pengunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatatif. Data yang diperoleh melalui penyebaran angket dianalisis dengan mengunakan SPSS. Adapun hasil dari olah data dan interpretasi menunjukan bahwa peningkatan dan perbaikan kualitas dapat meningkatkan kepuasan pengunjung tempat wisata dalam menunjang kenyamanan pengunjung selama berada di tempat wisata.
Kata Kunci: Pariwisata, Desa Wisata, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengunjung.
ABSTRACT
The development of the tourism sector in Indonesia is currently increasing. This development can be seen from the number of tourists both from within the country and abroad who visit Indonesia every year which continues to increase. The government, in this case the Ministry of Villages, Development of Disadvantaged Regions and Transmigration, is pursuing a village tourism program. Visitors to the Embung Banudng Bondowoso Tourism Village continue to increase, but the tourist village management is limiting visitors because the tourist village management feels that the quality of the service provided is still not good. The aim of this research is to analyze the quality of services available at the Embung Bandung Bondowoso tourist attraction in order to increase visitor satisfaction. This research is qualitative research. Data obtained through distributing questionnaires was analyzed using SPSS. The results of data processing and interpretation show that increasing and improving quality can increase visitor satisfaction at tourist attractions in supporting visitor comfort while at tourist attractions.
Keywords: Tourism, Tourism Village, Service Quality, Visitor Satisfaction.