KORELASI ANTARA KUALITAS TIDUR DAN PRAKTIK TIDUR YANG BAIK TERHADAP KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK AUTIS PADA USIA SEKOLAH DI SURABAYA
CORRELATION BETWEEN SLEEP QUALITY AND GOOD SLEEP PRACTICES ON THE LEARNING CONCENTRATION ABILITY OF AUTISTIC CHILDREN AT SCHOOL AGE IN SURABAYA
NAMA : Tohjali Sekar Basuki
NIM : 19010044005
Program Studi : S1 Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : dr. Febrita Ardianingsih, M.Si.,
Kualitas tidur bermanfaat bagi kesehatan anak autis yaitu dalam jangka panjang dapat membantu menenangkan pikiran dan menjaga kesehatan tubuh serta dapat mencegah gangguan tidur. Anak autis pada umumnya sering mengalami kesulitan dalam belajar sehingga diperlukan adanya penerapan sleep hygiene untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi belajarnya di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan korelasi antara kualitas tidur dan penerapan sleep hygiene terhadap konsentrasi belajar anak autis pada usia sekolah di Surabaya. Subjek yang diteliti terdiri dari 85 anak autis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi prediksi dengan desain studi korelasi sederhana. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dari kualitas tidur, penerapan sleep hygiene dan kemampuan konsentrasi belajar anak autis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Korelasi Pearson’s. Nilai korelasi kualitas tidur terhadap kemampuan konsentrasi belajar diperoleh Sig. (2-tailed) <5% atau 0.412 < 5%, yang berarti memiliki hubungan sedang. Kemudian nilai korelasi penerapan sleep hygiene dengan kemampuan konsentrasi belajar diperoleh Sig. (2-tailed) <5% atau 0.614 < 5%, yang berarti memiliki hubungan kuat.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi positif antara kualitas tidur dan penerapan sleep hygiene dengan kemampuan konsentrasi belajar anak autis. Implikasi penelitian dari kualitas tidur dan penerapan sleep hygiene berdampak positif terhadap kemampuan konsentrasi belajar anak autis, karena dapat meningkatkan kesehatan mental, fisik, kognitif, menurunkan resiko kecelakaan serta memperbaiki relasi sosial.
Kata Kunci : tidur, konsentrasi belajar, autis
NAME : Tohjali Sekar Basuki
Study Program : S1 Special Education
Faculty : Faculty of Education Sciences
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Febrita Ardianingsih, M.Si.,
The quality of sleep benefits the health of autistic children by providing long-term calming effects on the mind and maintaining bodily health, as well as preventing sleep disturbances. Autistic children commonly face learning difficulties, necessitating the implementation of sleep hygiene to enhance their concentration abilities at school.
This study aims to prove the correlation between sleep quality and the application of sleep hygiene with the learning concentration of autistic children of school age in Surabaya. The subjects comprised 85 autistic children, and a quantitative approach was employed.
The research design used was predictive study with a simple correlation study design. Data collection utilized questionnaires focusing on sleep quality, the application of sleep hygiene, and learning concentration. Pearson's Correlation test was employed for data analysis. The correlation value between sleep quality and learning concentration obtained a Sig. (2-tailed) <5% or 0.412 < 5%, indicating a moderate relationship. Furthermore, the correlation value between the application of sleep hygiene and learning concentration obtained a Sig. (2-tailed) <5% or 0.614 < 5%, indicating a strong relationship.
These findings demonstrate a positive correlation between sleep quality, the application of sleep hygiene, and the learning concentration of autistic children. The implications of this study suggest that sleep quality and the implementation of sleep hygiene have positive impacts on the concentration abilities of autistic children, as they can improve mental, physical, and cognitive health, reduce the risk of accidents, and enhance social relationships.
Keywords : sleep, learning concentration, autism