Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep pada Materi Kesetimbangan Kimia
Kode Dokumen :
0068/FMIPA-PKIM/2019
Penulis Utama :
SAVIRA NUR ALIZA AGUSTINA
NIM Penulis Utama:
15030194086
Tahun :
2019
Judul ID :
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep pada Materi Kesetimbangan Kimia
Judul EN :
The Development of Student Worksheets Based on Guided Inquiry to Improve Science Process Skills and Mastery Concepts in Chemical Equilibrium
Sumber :
UNESA -
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam -
Jurusan S1 Pendidikan Kimia -
15030194086 -
2019
Jenis Dokumen :
Skripsi
Abstrak ID :
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep pada materi kesetimbangan kimia. Kelayakan LKPD ini dinilai berdasarkan aspek validitas kepraktisan dan keefektifan. Rancangan penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan model pengembangan perangkat 4D (Define, Design, Develope, Diseminate) . Penelitian ini dibatasi hanya pada tahap pengembangan (Develope) saja. Penelitian ini diuji cobakan secara terbatas kepada 12 peserta didik XI IPA 5 SMAN 11 Surabaya yang sudah mendapatkan materi kesetimbangan kimia sebelumnya. LKPD berbasis guided inquiry ini dinyatakan layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep. Perolehan persentase validitas secara keseluruhan mendapatkan persentase 85,76% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik didapatkan persentase sebesar 74,11% dengan kategori baik. Keterampilan proses sains peserta didik meningkat dengan rata-rata gain score sebesar 0,9 dengan kategori tinggi. Profil konsepsi peserta didik mengalami peningkatan persentase status tahu konsep (TK) peserta didik meningkat sebanyak 52,5% dari hasil pretes. Status tidak tahu konsep (TTK) mengalami penurunan sebesar 14,1%, dan status miskonsepsi mengalami penurunan sebesar 38,3% dari hasil pretes.
Abstrak EN :
This development study aimed to describe the feasibility of Student Worksheet (LKPD) based on guided inquiry to improve science process skills and mastery of concepts in chemical equilibrium materials. The feasibility of this LKPD is assessed based on aspects of practicality validity and effectiveness. The research design for the development of this LKPD uses a 4D device development model (Define, Design, Develope, Diseminate). This research is limited only to the development stage. This research was tested limited to 12 students of XI IPA 5 in SMAN 11 Surabaya who had previously obtained chemical equilibrium material. The guided inquiry-based LKPD was declared feasible to improve science process skills and mastery of concepts. Obtaining a percentage of overall validity gets a percentage of 85.76% with a very decent category. The response of students is 74,11% with good category. Science process skills of students increase with the average gain score of 0.9 with a high category. Conception profile of students experiencing an increase in the percentage of students' knowledge of concepts (TK) increased by 52.5% from the results of the pretest. The status of not knowing concept (TTK) decreased by 14.1%, and the status of misconception decreased by 38.3% from the results of the pretest.