Kata Kunci: Pembelajaran Musik, Drum, Autis
Studi literatur menyatakan bahwa bermain musik memiliki pengaruh positif pada anak autis. Adanya fenomena tersebut kajian mengenai proses pembelajaran musik pada siswa autis dirasakan cukup penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran musik (drum) pada siswa autis di Sekolah Musik Indonesia (SMI) Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Kevalidan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, waktu, dan metode. Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran drum mampu mendukung stimulus baik motorik kasar dan halus siswa autis. Metode yang diterapkan yaitu; metode reading, demonstrasi, bagian, drill. Dari hasil pre-test dan post-test, didapatkan hasil bahwa terdapat perkembangan perilaku dan keterampilan bermain drum siswa sesuai dengan kategori autis yang dimiliki dan karakter yang dimiliki. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa pembelajaran drum yang diterapkan pada anak autis mampu menstimulus sensor motorik anak dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik hingga mengalami kemajuan perilaku seperti mampu berkonsentrasi, melakukan kontak mata, mengendalikan kebiasaan (stimulasi), dan mengontrol emosi.
Keywords: Music Study, Drum, Autism
Literary study stated that playing music has positif impact for autist student, this study phenomenon has a an important roles for the learning proccess of the student. This research goal is to understand the learning proccess of autist student in Sekolah Musik Indonesia (SMI) Surabaya. This research use descripted qualitative, a collection of data based on the observation technique, interviews, documentation, data authenticity by source triangulation, technic, time, and method. Anlyzing technique is used through data reduction procces, data presentation, and conclusion or verification. The result of this research shows if drum learning can provide help to stimulates for raw and soft motor skills for autist student. This research use some methods such as; reading method, demonstration, and drill parts. From the pre-test and post-test result can be concluded that there is a behaviour and skill development in the characteristic of the student. Conclusion of this research is drum learning that implemented for autist student can change and stimulates motoric sensor in afective cognitive even its psychomotoric, so the student undergo changes on their behaviour such as concentration, eye contact, behaviour control, and emotional control.