Integrasi Pendidikan Karakter dengan Kearifan Lokal dan Qur’ani (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Islam Al-Azhar jenjang Sekolah Dasar)
Integration of Character Education with Local Wisdom and The Qur’an (Case Study at the Al-Azhar Islamic Education Institute for Elementary School)
ABSTRAK
Nihayah, Durrotun. 2020. Integrasi Pendidikan Karakter dengan Kearifan Lokal dan Qur’ani (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Islam Al-Azhar jenjang Sekolah Dasar). Tesis. Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Warsono, M.S., (2) Dr. Rr. Nanik Setyowati, M.Si.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal dan Qur’ani.
Penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan proses pendidikan karakter dengan kearifan lokal dan qur’ani di LPI Al-Azhar jenjang Sekolah Dasar, (b) mendeskripsikan faktor pendukungn dan penghambat proses pendidikan karakter dengan kearifan lokal dan qur’ani di LPI Al-Azhar jenjang Sekolah Dasar, (c) mendeskripsikan peran stakeholder dalam proses pendidikan karakter dengan kearifan lokal dan qur’ani di LPI Al-Azhar jenjang Sekolah Dasar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara tidak terstuktur, dan studi dokumentasi. Adapun informan yang dibutuhkan peneliti meliputi kepala sekolah, guru, dan wali murid. Data yang didapatkan berupa kata-kata dan gambar. Teknik analsisis data yang digunakan peneliti adalah dengan model Miles and Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan proses pendidikan karakter dengan kearifan lokal dan qur’ani di LPI Al-Azhar jenjang Sekolah Dasar dilakukan dengan perencanaan yang maksimal. Proses pendidikan karakter dengan kearifan lokal dan qur’ani tidak memiliki jam khusus melainkan dilakukan dalam semua aktifitas yang ada di sekolah maupun di luar sekolah. Faktor pendukungnya yaitu adanya tenaga pendidik yang berkompeten, tersedianya sarana prasarana sesuai kebutuhan, antusiasme siswa dan kerjasama yang baik sebagian besar orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya pandemi Covid-19, adanya beberapa orang tua siswa yang kurang kooperatif karena halangan pekerjaan, kurangnya pengawasan pergaulan siswa selama di rumah, beberapa siswa tidak didukung alat komunikasi yang memadai. Peran stakeholder dalam proses pendidikan karakter dengan kearifan lokal dan qur’ani adalah kepala sekolah dan guru berperan dalam penyusunan program yang disesuaikan dengan kondisi siswa dan lingkungan tempat tinggalnya serta tetap memberikan pengawasan dan bimbingan. Orang tua berperan aktif menggantikan tugas guru selama siswa-siswi belajar di rumah.
ABSTRACT
Nihayah, Durrotun. 2020. Integration of Character Education with Local Wisdom and The Qur’an (Case Study at the Al-Azhar Islamic Education Institute for Elementary School). Thesis. Basic Education. Postgraduate. State University of Surabaya. Thesis advisor (1) Prof. Dr. Warsono, M.S., (2) Dr. Rr. Nanik Setyowati, M.Si.
Keywords: Character Education, Local Wisdom and Qur'ani.
This study aims to (a) describe the process of character education with local wisdom and qur'ani at LPI Al-Azhar Elementary School, (b) describe the supporting and inhibiting factors of the process character education with local wisdom and qur'ani at LPI Al -Azhar at Elementary School, (c) describes the role of stakeholders in the process of character education with local wisdom and qur'ani at LPI Al-Azhar at Elementary School.
The approach used in this research is a qualitative approach. In this study, researchers used data collection techniques through participatory observation, unstructured interviews, and documentation studies. The informants needed by researchers include the principal, teachers, and guardians of students. The data obtained are in the form of words and pictures. The data analysis technique used by the researcher is the Miles and Huberman model which includes data reduction, data presentation, and verification.
The results of this study indicate the process of character education with local wisdom and qur’ani at LPI Al-Azhar Elementary School level is carried out with maximum planning. The process of character education with local wisdom and qur’ani does not have special hours but is carried out in all activities at school and outside of school. The supporting factors are the presence of competent educators, the availability of infrastructure according to the needs, the enthusiasm of the students and the good cooperation of most of the parents. While the inhibiting factors are the Covid-19 pandemic, the presence of some parents who are less cooperative due to work obstacles, lack of supervision of student associations while at home, some students are not supported by adequate communication tools. The role of stakeholders in the process of character education with local wisdom and qur’ani is that school principals and teachers play a role in preparing programs that are tailored to the conditions of students and the environment in which they live and continue to provide supervision and guidance. Parents play an active role in replacing the teacher's assignment while students are studying at home.