PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY PAWON YU’NE DI NGANJUK JAWA TIMUR
DESIGN OF CORPORATE IDENTITY PAWON YU'NE
IN NGANJUK EAST JAVA
Pawon Yu’ne merupakan UMKM yang bergerak pada bidang makanan & minuman yang berlokasi di Kelurahan Ganungkidul Kab. Nganjuk Jawa Timur. Pawon Yu’Ne belum memiliki identitas yang secara khas sebagai pembeda dengan UMKM yang sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang corporate identity Pawon Yu’Ne agar masyarakat khusunya Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya dapat lebih mengenal Pawon Yu’Ne dengan identitas yang baru.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam perancangan corporate identity Pawon Yu’Ne adalah metodologi kualitatif antara lain meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu untuk menunjang proses perancangan corporate identity Pawon Yu’Ne menggunakan metode existing, karena Pawon Yu’Ne sudah memiliki logo sebelumnya dan akan dilakukannya pembaruan yang lebih sesuai dengan identitas dan jati diri UMKM. Konsep berisi strategi kreatif, konsep kreatif, strategi visual,dan strategi media. Lalu pada metode visualisasi melalui tiga tahapan yaitu thumbnail, tighttissue, final, dan penerapan/mockup. Dalam proses perancangan corporate identity Pawon Yu’Ne perlu untuk menemukan jati diri dari UMKM. Sehingga UMKM akan memiliki konsumen tetap/reseller dengan citra perusahaan yang telah dibuat. Maka dari itu jati diri UMKM merupakan suatu hal yang paling penting untuk diketahui sedari awal. Agar Pawon Yu’Ne memiliki nilai value dan dapat membuat perbedaan dengan para pesaingnya. Maka perlu adanya proses perancangan corporate identity yang sesuai untuk Pawon Yu’Ne. Serta penambahan media pendukung lainnya untuk menunjang kenyaman konsumen, reseller maupun calon konsumen untuk berbelanja di Pawon Yu’Ne.
Dari hasil analisis yang dilakukan tersebut yang diperoleh adalah logo baru, penciptaan kemasan untuk pizza dan box, label kemasan yang lebih sesuai, penciptaan mascot yang memiliki karateristik, dibuatnya stationary set seperti kartu nama, nota, dan stemple dan merchandise seperti mug, tas belanja, gantungan kunci, dan clemek untuk kenyamanan konsumen dalam berbelanja di Pawon Yu’Ne.
Kata Kunci : Kuliner, Corporate Identity, Pawon Yu’Ne, Nganjuk
Pawon Yu'ne is an UMKM engaged in the food & beverage sector which is located in the Ganungkidul Village, Kab. Nganjuk East Java. Pawon Yu'Ne does not yet have a distinctive identity that differentiates it from similar UMKM.
This study aims to design a corporate identity for Pawon Yu'Ne so that people, especially Nganjuk Regency and its surroundings, can get to know Pawon Yu'Ne better with a new identity. The research methodology used in designing Pawon Yu'Ne's corporate identity is a qualitative methodology which includes observation, interviews, and documentation. Then, to support the process of designing corporate identity, Pawon Yu'Ne uses the existing method, because Pawon Yu'Ne already has the previous logo and an update will be carried out that is more in line with the identity and identity of UMKM. The concept contains creative strategies, creative concepts, visual strategies, and media strategies. Then the visualization method goes through three stages, namely thumbnail, tight tissue, final, and application/mockup. In the process of designing Pawon Yu'Ne's corporate identity, it is necessary to find the identity of UMKM. So that MSMEs will have permanent consumers/resellers with the corporate image that has been created. Therefore, the identity of UMKM is the most important thing to know from the start. So that Pawon Yu'Ne has values and can make a difference with its competitors. So there is a need for a corporate identity design process that is suitable for Pawon Yu'Ne. As well as the addition of other supporting media to support the convenience of consumers, resellers and potential customers to shop at Pawon Yu'Ne.
From the results of the analysis carried out, what was obtained was a new logo, creation of packaging for pizza and boxes, more appropriate packaging labels, creation of a mascot with characteristics, creation of stationary sets such as business cards, notes and stamps and merchandise such as mugs, shopping bags, key chains, and aprons for consumer convenience when shopping at Pawon Yu'Ne.
Key Words : Culinary, Corporate Identity, Pawon Yu'Ne, Nganjuk