Pembentukan dan Makna Kontekstual Embedded Dajare (dajare sematan) dalam kanal YouTube 東海オンエア
The Formation and Contextual Meaning of Embedded Dajare in the YouTube Channel 東海 オ ン エ ア
ABSTRAK
Dajare merupakan permainan kata dalam bahasa Jepang dimana terdapat dua kata dengan makna yang berbeda tetapi memiliki yang ujaran sama dalam satu kalimat. Permainan kata ini biasa ditemukan dalam kegiatan sehari-hari masyarakat Jepang. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut mengenai dajare dilakukan penelitian tentang pembentukan dajare dan makna kontekstual yang terdapat didalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan embedded dajare dalam kanal youtube東海オンエア, dan makna kontekstualnya. Adapun untuk menjawab tema penelitian tersebut digunakan teori pembentukan dajare oleh Takashi Otake (2010), pembentukan kata oleh Tsujimura (2004) dan Sutedi (2011), serta teori makna kontekstual oleh Chaer (2012). Pada penelitian ini ditemukan sebanyak 23 data.
Data yang sudah diklasifikasikan kemudian dianalisis dengan teori yang telah ditentukan dan diperoleh hasil sebagai berikut: pembentukan embedded dajare tipe 1 sebanyak 20 data, pembentukan embedded dajare tipe 2 sebanyak 2 data, dan tipe 3 sebanyak 1 data. Pada data juga ditemukan dajare dengan pembentukan secara free morphemes, inflectional morphemes, affixation, Sino-Japanese compounds, clipping, reduplication, borrowing, haseigo, fukugougo, shouryaku, dan durasi konsonan yang terdapat pada pun phrase dajare. Adapun makna kontekstual yang terdapat dalam dajare berupa kata benda seperti協力者(kolaborator), ルール(peraturan), 鹿(rusa); kata kerja seperti: 投げた(melempar), ほっとけい(membiarkan), 後悔する(menyesal); kata keterangan, seperti: あっさり(dengan cepatnya), 来る前(sebelum datang); dan ungkapan seperti ~もうyang menyatakan rasa kekesalan.
KATA KUNCI : Dajare, embedded dajare, makna kontekstual
ABSTRACT
Dajare is a word game in Japanese where there are two words with different meanings but have the same utterances in one sentence. This word play is commonly found in the daily activities of Japanese people. To be able to find out more about dajare, a research on the formation of dajare and the contextual meaning contained inside the word need to be conducted.
This study aims to describe the formation of embedded dajare and its contextual meaning in the YouTube channel 東海 オ ン エ ア. As for answering the research theme, this study used dajare formation theory by Takashi Otake (2010), word formation by Tsujimura (2004), Sutedi (2011), and contextual meaning theory by Chaer (2012). There are 23 data were found in this study.
The data that have been classified then analyzed with the theory chosen in which from those data the following results are obtained: 20 data for the formation of embedded dajare type 1, 2 data for the formation of embedded dajare type 2, and 1 data for the type 3. In the data also found dajare with the formation of free morphemes, inflectional morphemes, affixation, Sino-Japanese compounds, clipping, reduplication, borrowing, haseigo, fukugougo, shouryaku, and the duration of consonants contained in dajare phrases. The contextual meaning contained in dajare is in the form of nouns such as 協力 者 (collaborator), ル ー ル (rules), 鹿 (deer); verbs such as: 投 げ た (throw), ほ っ と け い (let), 後悔 す る (regret); adverbs, such as: あ っ さ り (quickly), 来 る 前 (before coming); and expressions like ~ も う which express resentment.
KEYWORDS : Dajare, embedded dajare, contextual meaning