Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Numberred Heads Together (NHT)
Dengan Media Gambar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran IPS di SMP LABSCHOOL UNESA 3
The Effect of Numberred Heads Together (NHT) Cooperative Model with Picture
Media on Improving Student Learning Outcomes in Social Studies Subjects at
UNESA LABSCHOOL 3 Junior High School
Model pembelajaran kooperatif NHT merupakan model pembelajaran kelompok,
yang pemahaman siswa dapat terjalin pada saat siswa belajar dari temannya atau dapat
dengan mengajari dan melatih temannya. Dalam pembelajaran ini membolehkan siswa
untuk berdiskusi satu sama lain serta menciptakan pemecahan terbaik yang dapat
mendorong semangat belajar siswa sehingga hasil belajar meningkat. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model Model Kooperatif Tipe
Numbers Head Together (NHT) dengan media gambar terhadap peningkatan Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Labschool Unesa 3.
Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan metode quasi
eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta
didik kelas VIII di SMP Labschool Unesa 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling dan diperoleh kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan tes,
observasi, angket respon siswa, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan
yaitu lembar soal tes dan angket. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan
realibilitas. Pengujian Hipotesis menggunakan uji prasyarat dengan uji normalitas dan
homogenitas serta menggunakan uji N-gain, uji paired sample t-tes dan uji independent
sample t-tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model pembelajaran
kooperatif dengan media gambar dapat memberikan hasil belajar yang baik karena tingkat
ketercapaian siswa berada pada kategori sedang dan tinggi, tidak ada siswa yang berada
dalam kategori rendah sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT
dengan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMP Labschool Unesa
3.
Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif NHT, Media Gambar, Hasil Belajar.
The NHT cooperative learning model is a group learning model, where students'
understanding of learning material can be established when students learn from their
friends or by teaching and training their friends. This learning allows students to discuss
with each other and create the best solutions that can encourage students' enthusiasm for
learning so that learning outcomes increase. The aim of this research is to determine the
effect of implementing the Numbers Head Together (NHT) Cooperative Model with image
media on improving student learning outcomes in social studies subjects at Labschool
Unesa 3 Middle School.
The approach in this research is quantitative using the quasi-experimental
Nonequivalent Control Group Design method. The population of this research was class
VIII students at SMP Labschool Unesa 3. The sampling technique used purposive
sampling and class VIII-B was obtained as the experimental class and class VIII-C as the
control class. Data collection techniques use tests, observation, student response
questionnaires, and documentation. The research instruments used were test question
sheets and questionnaires. Instrument testing uses validity and reliability tests.
Hypothesis testing uses prerequisite tests with normality and homogeneity tests and uses
the N-gain test, paired sample t-test and independent sample t-test.
The results of the research show that the process of implementing the
cooperative learning model using image media can provide good learning outcomes at
Labschool Unesa 3 Middle School, because the level of student achievement is in the
medium and high categories, there are no students in the low category so there is an
influence of the NHT cooperative learning model using image media to improve student
learning outcomes at SMP Labschool Unesa 3.
Keywords: NHT cooperative learning model, picture media, learning outcomes.