HUBUNGAN PENGUASAAN SOFTWARE AUTOCAD DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KESIAPAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN SMK NEGERI 1 KEDIRI
THE RELATIONSHIP BETWEEN MASTERY OF AUTOCAD SOFTWARE AND SELF-CONFIDENCE WITH READINESS FOR FIELD WORK PRACTICE IN THE COMPETENCE OF CONSTRUCTION AND HOUSING ENGINEERING EXPERTISE IN SMK NEGERI 1 KEDIRI
Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, kemampuan, pemahaman, dan kebiasaan kerja. Oleh karena itu, siswa SMK diwajibkan mengikuti program Praktik kerja Lapangan agar memiliki pengalaman kerja untuk meningkatkan keahlian profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan software Autocad, kepercayaan diri siswa dan hubungan penguasaan software Autocad dan kepercayaan diri siswa dengan kesiapan Praktik Kerja Lapangan (PKL) kompetensi keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP) di SMK Negeri 1 Kediri. Jenis penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Kediri menggunakan sampel sebanyak 63. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan penguasaan software Autocad siswa dapat dikategorikan sangat baik, Kepercayaan diri siswa dapat dikategorikan sangat baik dan terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan software Autocad dan kepercayaan diri siswa dengan kesiapan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
Kata Kunci: Penguasaan Software AutoCAD, Kepercayaan Diri, Kesiapan Praktik Kerja Lapangan, Teknik Konstruksi dan Perumahan, SMK.
Vocational High School (SMK) education aims to develop skills, abilities, understanding, and work habits. Therefore, SMK students are required to take part in the Field Work Practice program in order to have work experience to improve professional skills. This study aims to determine the mastery of Autocad software, student confidence and the relationship between mastery of Autocad software and student confidence with readiness for Field Work Practices (PKL) in the competency of Construction and Housing Engineering expertise (TKP) at SMK Negeri 1 Kediri. The type of research used is quantitative. The research was conducted at SMK Negeri 1 Kediri using a sample of 63. The data collection methods used were questionnaire and test methods. The data analysis method uses descriptive statistics and multiple correlation analysis. The results of this study indicate that students' mastery of Autocad software can be categorized as very good, student self-confidence can be categorized as very good and there is a significant relationship between mastery of Autocad software and student self-confidence with readiness for Field Work Practices (PKL).
Keywords: Mastery of AutoCAD Software, Self-Confidence, Readiness for Field Work Practices, Construction and Housing Engineering, Vocational Schools.