Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar
Kepala sekolah memiliki peran sebagai supervisor berwenang memberikan pembinaan serta pengembangan terhadap kompetensi guru sekolah dasar. Munculnya berbagai permasalahan terkait kemampuan pedagogik guru salah satunya dalam mengelola proses pembelajaran yang berhubungan dengan peserta didik menjadi suatu kendala dalam berlangsungnya pelaksanaan pembelajaran. Supervisi akademik adalah suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh seorang kepala sekolah terhadap guru guna membantu guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam memperbaiki proses pembelajaran agar lebih berkualitas. Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar. Metode yang digunakan oleh penulis ialah studi kepustakaan dengan mengumpulkan dan menelaah jurnal dan beberapa referensi lain yang terkait dengan topik artikel. Langkah-langkah yang dilakukan penulis yaitu memilih topik, mengeksplorasi informasi, menentukan fokus penelitian, mengumpulkan sumber referensi, menyajikan data, dan menyusun laporan. Berdasarkan dari hasil seluruh jurnal yang ditelaah ditemukan bahwa supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar dilaksanakan dalam tiga tahapan diantaranya : (1) perencanaan supervisi pedagogik guru, pertemuan awal antara kepala sekolah dengan guru yang menghasilkan kesepakatan mengenai tujuan dan kriteria output supervisi akademik, pendekatan, teknik dan instrumen dan yang akan digunakan, serta jadwal pelaksanaan supervisi akademik; (2) pelaksanaan supervisi pedagogik guru, objek sasaran dalam pelaksanaan supervisi akademik yaitu kemampuan pedagogik guru dalam merencanakan, mengelola dan mengevaluasi hasil pembelajaran; dan (3) tindak lanjut supervisi pedagogik guru, tindak lanjut berfungsi sebagai umpan balik berupa penghargaan, penguatan serta pembinaan.
Kata Kunci : supervisi akademik, kompetensi pedagogik, sekolah dasar.
The principal has a role as a supervisor who is authorized to provide guidance and development of the competence of elementary school teachers. The emergence of various problems related to the pedagogic ability of teachers, one of which is in managing the learning process related to students, becomes an obstacle in the ongoing implementation of learning. Academic supervision is an activity that must be carried out by a school principal towards teachers in order to help teachers improve their abilities in improving the learning process so that it is of higher quality. This scientific article aims to describe the steps of academic supervision in an effort to improve the pedagogic competence of elementary school teachers. The method used by the author is a literature study by collecting and reviewing journals and several other references related to the topic of the article. The steps taken by the author are choosing a topic, exploring information, determining the focus of the research, collecting reference sources, presenting data, and compiling a report. Based on the results of all the journals reviewed, it was found that academic supervision to improve the pedagogic competence of elementary school teachers was carried out in three stages including: (1) planning for teacher pedagogic supervision, initial meetings between school principals and teachers which resulted in an agreement on the objectives and criteria for the output of academic supervision. , approaches, techniques and instruments and which will be used, as well as the schedule for the implementation of academic supervision; (2) the implementation of teacher pedagogic supervision, the target object in the implementation of academic supervision is the teacher's pedagogic ability in planning, managing and evaluating learning outcomes; and (3) follow-up teacher pedagogical supervision, follow-up functions as feedback in the form of appreciation, reinforcement and coaching.
Keywords : academic supervision, pedagogic competence, elementary school.