Hasil
o bservasi awal bahwa
hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik MAN 2 Gresik rendah, salah
satunya pada materi Dinamika Kependudukan di Indonesia, setelah ditelusuri
ternyata guru hanya menggunakan metode ceramah, menggugah peneliti untuk
menerapkan model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan hasil belajar dan
keaktifan belajar peserta didik, peneliti memilih model pembelajaran kooperatif
tipe STAD dan NHT untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar
peserta didik. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui perbedaan
1) Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD, NHT dan
Konvensional pada materi Dinamika Kependudukan di indonesia kelas XI MIPA MAN 2
Gresik. 2) Keaktifan belajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD, NHT
dan Konvensional pada materi Dinamika Kependudukan di indonesia kelas XI MIPA
MAN 2 Gresik . Penelitian dilaksanakan pada semester
genap tahun pelajaran 2018/2019 pada bulan Januari-Februari 2019. Subjek
penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3, 4 dan 5.
Jenis
penelitian ini adalah Quasi Experimental
Design . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi
guru, keaktifan peserta didik serta instrumen tes. Teknik analisis data dengan
Uji Normalitas , u j i Homogenitas dan Uji One-Way ANOVA .
Hasil penelitian diperoleh:
1) Ada perbedaan hasil belajar
peserta didik menggunakan model pembelajaran STAD,
NHT dan konvensional dengan nilai p = 0,000 dan yang terbaik adalah model
pembelajaran STAD. 2) Keaktifan belajar peserta didik menggunkan model pembelajaran STAD dan NHT memperoleh
hasil pada kelas eksperimen 1 rata-rata
presentase 78,4%, kelas eksperimen 2 memperoleh hasil rata-rata presentase
74,5% dan kelas kontrol memperoleh hasil rata-rata presentase 49%.
Kata kunci : STAD, NHT ,
Hasil belajar, Keaktifan belajar