Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan
media website agar siswa mampu menguasai materi analisis dan perbaikan komputer. Rumusan masalah penelitin ini
adalah: (1) bagaimana kelayakan model pembelajaran koopertif tipe make a match dengan menggunakan media website
(2) bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan
media website (3) bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
dengan menggunakan media website. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengan bentuk
one-shot case study. Penelitian ini menggunakan 1 kelompok yang diberi treatment atau penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe make a match dengan menggunakan media website, dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Adapun sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Bangkalan yang terdiri dari 30 siswa dalam satu kelas. Instrumen
dari penelitian ini berupa (1) kelayakan media pembelajaran berupa website (2) kelayakan perangkat pembelajaran berupa
RPP dan Silabus (3) kelayakan angket respon yang akan dibagikan kepada siswa (4) kelayakan soal yang akan dibagikan
kepada siswa setelah penerapan model pembelajaran. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase
kelayakan media pembelajaran 83,57% (2) Persentase Respon Siswa setelah dilakukannya penerapan sebesar 89,86% (3)
Persentase hasil belajar siswa 100% atau diatas KKM. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match Dengan Menggunakan Media Website termasuk dalam kategori ‘Baik’ dan
valid untuk digunakan
Kata Kunci: Make a match, Media Pembelajaran, Kooperatif