PERSEPSI SISWA KELAS IX TERHADAP PERMAINAN SMACK BALL DI SMPN 8 SURABAYA
CLASS IX STUDENT' PERSPECTIVE ON SMACK BALL GAMES AT SMPN 8 SURABAYA
PERSEPSI KELAS IX TERHADAP PERMAIINAN SMACKBALL DI SMPN 8 SURABAYA
Nama : Moh Alfi Mabruri
Nim : 20060464070
Prodi : S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas : Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M,Pd.
Permainan bola banting atau biasa dikenal sebagai Smack Ball merupakan salah satu jenis permainan yang sangat menyenangkan, apalagi jika diterapkan pada pembelajaran di sekolah karena mayoritas siswa tertarik dengan permainan ini. Berangkat dari hal tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas IX terhadap permainan Smack Ball di SMP Negeri 8 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena menganalisis bagaimana persepsi siswa terhadap permainan Smack Ball. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan penulis yakni melalui Observasi Non-Partisipan, wawancara secara mendalam, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat antusiasme yang tinggi dari para siswa Kelas IX ketika melaksanakan permainan ini. Mereka memiliki kesadaran penuh yang berdampak pada memadainya penggunaan pelayanan publik, seperti akses dalam memakai sarana dan prasarana maupun fasilitas guna menunjang keberhasilan permainan Smack Ball di SMP Negeri 8 Surabaya. Dampaknya pun dapat menarik minat para siswa untuk peningkatan keberhasilan Program Sekolah Arek Surabaya (SAS) melalui implementasi permainan Smack Ball di SMP Negeri 8 Surabaya.
Kata Kunci : Permainan Smack Ball, Persepsi, Penelitian Kualitatif.
CLASS IX STUDENT’ PERSPECTIVE ON SMACK BALL GAMES AT SMPN 8 SURABAYA
A slam ball game Or usually called as Smack Ball is one of interesting games, moreover if it is played at the school’s environment due to most of students like to play this game. Based on this case, the writer wants to know of how IX student’s perspective toward Smack ball game in 8 Surabaya Junior High School. This research uses the qualitative method due to It analyzes of how student’s perspective toward the Smack ball game. The data collection techniques which is used by the writer are the observation of Non-Participant, dipper interview, and the document study. The result of this research is the high enthusiasm of each IX student in playing this game. They own a full awareness that influences toward the adequate use of public services, such in the access of utilizing the facilities and infrastructure even the facility for guarantying the Smack ball success game in 8 Surabaya Junior High School. it could attract each student’s interest for the increasing of the successful program of Sekolah Arek Surabaya (SAS) through the implementation of Smack Ball game in 8 Surabaya Junior High School
Key Words : Snack ball game, Perspective, qualitative research