LMS berbasis web yang bernama “EDU PPLG” bertujuan
untuk mengetahui perbedaan kompetensi Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak
dan Gim menggunakan LMS berbasis web mengimplementasikan Project Based
Learning dan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X RPL 1 dan X
RPL 2.
Penelitian ini menerapkan model penelitian
pengembangan ADDIE. Desain uji coba yang diterapkan adalah Quasi
Experimental . Perancangan LMS berbasis web ini menggunakan bahasa pemrograman
PHP 8.2 sebagai back end , framework CodeIgniter 4 sedangkan untuk
front end menggunakan javascript dengan framework bootstrap serta
menggunakan database MySQL. Hasil penelitian pada penilaian validasi media
diperoleh 87,8% dengan kategori (sangat valid), validasi materi diperoleh 79%
dengan kategori (valid), validasi soal diperoleh 82,8% dengan kategori (sangat
valid) dan validasi RPP diperoleh 87,5% dengan kategori (sangat valid).
Nilai uji hipotesis pada data nilai posttest
kognitif menggunakan independent sample t-test didapatkan rata-rata
untuk kelas eksperimen sebanyak 86,86 sedangkan rata-rata pada kelas kontrol
sebanyak 55,27, sementara nilai uji hipotesis pada data nilai posttest psikomotorik
menggunakan independent sample t-test didapatkan rata-rata kelas
eksperimen sebanyak 84,57 sedangkan kelas kontrol sebanyak 67,16, dengan output
yang didapatkan Sig.(2-tailed) yakni 0,000 < 0,05. Jadi dapat diambil
simpulan bahwa (H0 ) ditolak sementara (H1 ) diterima,
dalam arti terdapat perbedaan kompetensi Dasar-dasar Pengembangan Perangkat
Lunak dan Gim menggunakan LMS berbasis web mengimplementasikan Project Based
Learning dan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X RPL 1 dan X
RPL 2.
Kata Kunci : LMS, Web, Project
Based Learning , Kompetensi, ADDIE.