Alih Kode dan Campur Kode dalam Film Komedi Fantasi "Penguasa Dunia" di Youtube Lula Studio
Code Switching and Code Mixing in Fantasy Comedy Movie “Penguasa Dunia” on Youtube Lula Studio
Alih kode dan Campur kode tidak hanya ditemukan dalam tuturan secara langsung tetapi dapat ditemukan pula dalam media sosial, misalnya video – video di dalam platform youtube. Salah satunya terdapat dalam video youtube chanel Lula Studio yang berjudul “Penguasa Dunia”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas tentang bentuk alih kode dan campur kode beserta faktor yang memengaruhi penyebab terjadinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik simak dan catat. Hasil penelitian ini ditemukan adanya 36 data alih kode dan campur kode, yang berwujud alih kode intern dan ekstern. Faktor penyebab terjadinya alih kode, yaitu (1) penutur, (2) lawan tutur, (3) inti permasalahan yang dibahas, (4) adanya orang ketiga, dan (5) untuk membangkitkan rasa humor. Sedangkan dari data campur kode ditemukan adanya wujud campur kode iner sisipan kata, campur kode iner sisipan frasa dan campur kode iner sisipan klausa. Sedangkan untuk campur kode outer yakni campur kode outer sisipan kata dan frasa. Penyebab adanya campur kode tersebut dikarenakan (1) adanya keterbatasan padanan kata, (2) adanya pengaruh dari mitra tutur, dan (3) kurang menguasi kode bahasa.
Kata Kunci : Sosiolinguistik, Alih Kode, Campur Kode, Media Sosial.
Code switching and code mixing are not only found in direct speech but can also be found in social media, for example videos on the YouTube platform. One of them is found in the YouTube video channel Lula Studio entitled “Penguasa Dunia”. The purpose of this study is to discuss the form of code switching and code mixing along with the factors that influence the cause of its occurrence. The method used in this research is descriptive qualitative method with data collection techniques using listening and recording techniques. The results of this study found 36 data of code switching and code mixing, which took the form of internal and external code switching. Factors causing code switching, namely (1) speakers, (2) interlocutors, (3) the core of the problem discussed, (4) the presence of a third person, and (5) to generate a sense of humor. Meanwhile, from the code mix data, it was found that there were forms of iner code mix of word inserts, iner code mix of phrase inserts and iner code mix of clause inserts. As for the outer code mix, namely the outer code mix of word and phrase inserts. The cause of the code mix is due to (1) the existence of limited word equivalents, (2) the influence of speech partners, and (3) lack of language code mastery.
Keywords : Sosiolinguistic, Code Switching, Code Mixing, Social Media.