Efektivitas Layanan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Pacet Kabupaten Mojokerto
The Effectiveness of the National Health Insurance (JKN) Mobile Service at Pacet Community Health Center Mojokerto District
Aplikasi Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) menjadi salah satu bentuk penerapan electronic government pada pelayanan kesehatan yang dikembangkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan diperkenalkan kepada masyarakat oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris di Jakarta, 16 November 2017. Penerapan aplikasi dimanfaatkan tenaga medis Puskesmas Pacet Kabupaten Mojokerto untuk mengetahui informasi terkait keaktifan data peserta serta dapat mengecek jumlah iuran BPJS Kesehatan. Aplikasi Mobile JKN juga memberikan beberapa fitur yang bermanfaat seperti adanya fitur; screening riwayat kesehatan, konsultasi kesehatan online dengan dokter, hingga fitur untuk mengecek jadwal operasi. Akan tetapi, aplikasi tersebut belum menggaet banyak peminat terutama di wilayah kerja Puskemas Pacet. Hal ini dikarenakan masih ditemukan beberapa permasalahan yaitu minimnya pengetahuan masyarakat terkait pemakaian aplikasi Mobile JKN serta kesulitan masyarakat untuk mengakses aplikasi karena tinggal di daerah pedesaan wilayah kerja Puskesmas Pacet sulit mendapatkan sinyal. Akar permasalahan tersebut menyebabkan masyarakat tidak memanfaatkan aplikasi sebagaimana mestinya, administrasi menjadi terhambat terutama masyarakat terhambat dalam mendapatkan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas layanan Mobile JKN di Puskesmas Pacet Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner (angket), observasi, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis penelitian dilakukan berdasarkan teori E-Government Maturity Models yang dijelaskan dalam Permenpan RB Nomor 5 Tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas layanan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Pacet Kabupaten Mojokerto sangat efektif dengan tingkat efektivitas sebesar 82,35%. Namun, masih ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya penggunaan aplikasi Mobile JKN di Puskesmas Pacet Kabupaten Mojokerto. Hal ini dikarenakan daerah wilayah kerja Puskesmas Pacet tegolong pedesaan yang sulit sinyal, banyak pasien yang menggunakan aplikasi hanya untuk mengurus administrasi, aplikasi seringkali mengalami error, dan banyak pasien lansia yang tidak paham penggunaan aplikasi tersebut.
Kata kunci: pelayanan publik, efektivitas pelayanan, aplikasi Mobile JKN
The Mobile JKN (National Health Insurance) application is one form of electronic government implementation in healthcare services developed by the Social Security Organizing Agency (BPJS) and introduced to the public by the President Director of BPJS Health, Fachmi Idris, in Jakarta on November 16, 2017. The application is utilized by healthcare professionals at the Pacet Community Health Center in Mojokerto District to access information related to participant data activity and to check the amount of BPJS Health contributions. The Mobile JKN application also offers several beneficial features, including screening of medical history, online health consultations with doctors, and a feature to check operation schedules. However, the application has not gained much popularity, especially in the working area of the Pacet Community Health Center. This is due to several issues, such as the lack of public knowledge about how to use the Mobile JKN application and difficulties faced by residents in accessing the application due to poor signal reception in rural areas within the Pacet Community Health Center’s jurisdiction. These underlying issues have led to the underutilization of the application, causing administrative obstacles and hindering the public from receiving proper healthcare services. The aim of this research is to describe the effectiveness of the Mobile JKN service at the Pacet Community Health Center in Mojokerto District. This study employs a quantitative descriptive method. The sample for this research was selected using incidental sampling techniques include questionnaire surveys, observations, and unstructured interviews. The research analysis was carried out based on the theory of E-Goventment Maturity Models described in Permenpan RB Number 5 of 2018. The research findings indicate that the effectiveness of the Mobile National Health Insurance (JKN) service at the Pacet Community Health Center in Mojokerto District is highly effective with an effectiveness rate of 82.35%. However, several factors contributing to the low usage of the Mobile JKN application at the Pacet Community Health Center were identified. These factors include poor signal reception in the rural working area of the Pacet community Health Center, many patients using the application solely for administrative purposes, frequent application errors, and a lack of understanding among elderly patients regarding how to use the application.
Keywords: public service, service effectiveness, Mobile JKN application