Penelitian pengembangan ini bertujuan 1) untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran kompetensi dasar menerapkan proporsi tubuh kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Blitar ditinjau dari aspek materi, aspek media dan aspek bahasa. 2) untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari ranah kognitif dan psikomotor.
Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pendekatan ADDIE meliputi tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas X Tata Busana 2 SMK Negeri 3 Blitar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan metode validasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi modul yang terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan validator modul yang terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli media dan 1 ahli bahasa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kelayakan modul memperoleh rerata 3.75 dengan klasifikasi sangat baik, sehingga modul layak digunakan sebagai media pembelajaran. 2) modul kompetensi dasar menerapkan proporsi tubuh berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotor dengan indikator ketuntasan klasikal 88.57%.
Kata kunci : pengembangan, modul, proporsi tubuh.
The research development aims 1) to determine the feasibility of basic competency learning modules applying the body proportion of class X in fashion major for Vocational School 3 Blitar in terms of material aspects, media aspects, and language aspects. 2) to determine the effect of the learning module on student learning outcomes in terms of cognitive and psychomotor domains.
This research is considered as research and development (R&D) with the ADDIE approach model covering the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects were 35 students of class X in Fashion major 2 of Vocational School 3 Blitar. The methods of data collection are using observation, interviews, and questionnaires. The data collection instrument was in the form of a module validation sheet which consists of a validation sheet for material experts, media experts, and linguists. A module validator consists of 2 material experts, 2 media experts, and 1 language. The data analysis technique is descriptive analysis.
The results showed that 1) the feasibility of the module obtained an average of 3.75 with a very good classification so that the module was suitable to be used as a learning medium. 2) the basic competency module applies body proportions to influence student learning outcomes in the cognitive and psychomotor domains with 88.57% classical completeness indicators.
Keywords: Development, Modules, Body Proportions.