Abacus Alat Bantu Hitung Individu Peserta Didik Tunanetra
Abacus Counting Tool for Blind Students Individual
Peserta didik tunanetra memiliki keterbatasan yang mempengaruhi proses pembelajaran, terutama untuk mata pelajaran matematika. Pemilihan alat bantu hitung untuk pembelajaran matematika telah dilakukan di berbagai sekolah, salah satunya penggunaan abacus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan abacus sebagai alat bantu berhitung peserta didik tunanetra. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dari perpustakaan maupun hasil penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu buku, hunting google yang diperoleh dari internet, serta jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional di berbagai platform digital seperti Google Scholar, Science Direct, Elsevier, Library Genesis, dan Sci-hub. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan abacus sebagai alat bantu hitung sesuai dengan kondisi fisik peserta didik tunanetra, karena dalam penggunaannya memanfaatkan indera perabaan dan pendengaran. Abacus alat bantu hitung dipergunakan dalam pembelajaran matematika penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa Abacus alat bantu hitung matematika dapat membuat peserta didik tunanetra lebih terampil dalam melakukan perhitungan matematika. Selain itu Abacus dapat membuat pembelajaran peserta didik tunanetra lebih interaktif dan inspiratif.
Kata Kunci: Media Abacus, Matematika, Tunanetra
Blind students have limitations that affect the learning process, especially for mathematics. The selection of counting tools for learning mathematics has been carried out in several schools, one of which is the abacus. The purpose of this study is to describe the abacus as a counting tool for blind students. This study uses a library research. The data sources used are books, google hunting obtained from internet, and accredited journals both nationally and internationally on several digital platforms such as Google Scholar, Science Direct, Elsevier, Library Genesis, and Sci-hub. Then the data obtained were analyzed using qualitative descriptive techniques. The result showed that the use of abacus as a calculating aid was in accordanc with the physical condition of the blind students, because in its use the sense of touch and the sense of hearing. Abacus counting tools is used in learning mathematics addition, substraction, multiplication, and division. The conclusion of this study is that Abacus is a mathematical calculation tool that can make students more skilled in performing mathematical calculation. In addition, the Abacus also make the learning of blind students more interactive and inspiring.
Keywords: Abacus media, Mathematics, Blind students