KELAYAKAN MEDIA 3D SKETCHUP DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
PADA MATERI DETAIL PENULANGAN BALOK DAN KOLOM
FEASIBILITYOF 3D SKETCHUP MEDIA AND LEARNING DEVICES INDETAIL MATERIALS OF BEAM AND COLUMN REVIEW
FEASIBILITYOF 3D SKETCHUP MEDIA AND LEARNING DEVICES IN
DETAIL MATERIALS OF BEAM AND COLUMN REVIEW
Abstrak
Berdasarkan hasil wawancara serta observasi yang telah dilakukan dengan guru SMKN 2 Bojonegoro kompetensi keahlian DPIB kelas XI menunjukan hasil belajar siswa pada tahun ajaran 2017/2018, ketuntasan belajar klasikal siswa ≥ 45% masih dibawah kriteria ketuntasan minimal, Stimulus tersebut di lakukan dengan pemberian media pembelajaran 3D sketchup pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam rencana pelaksanaa pembelajaran, Dari kajian penelitian yang relevan menunjukkan bahwa media 3D sketchup yang tervalidasi sangat baik terhadap peningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan media 3D Sketchup pada materi detail penulangan balok dan kolom (2) Mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran pada materi detail penulangan balok dan kolom.
Analisis hasil Validasi media 3D Sketchup dan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunkan Instrumen atau angket yang telah dibuat sesuai dengan kisi-kisi yang sesuai untuk menyalurkan pesan atau informasi untuk pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah angket Validasi Media 3D Sketchup, angket validasi silabus dan angket validasi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Hasil Validasi pada Media 3D Sketchup yang digunakan pada pembelajaran materi detail penulangan balok dan kolom mendapatkan persentase sebesar 93,33% dengan kategori Sangat Layak. Hasil validasi perangkat pembelajaran didapatkan dari validasi Silabus dan RPP pada materi detail penulangan balok dan kolom, hasil validasi pada Silabus mendapatkan persentase sebesar 88,57% dengan kaetgori Sangat Layak, dan hasil validasi RPP mendapatkan persentase sebesar 80,53% dengan kategori Sangat Layak.
Kata Kunci: 3D Sketchup, Perangkat Pembelajaran, Kelayakan Media.
Abstract
Based on the results of interviews and observations that have been made with teachers of Bojonegoro Vocational School 2 competencies DPIB grade XI expertise shows student learning outcomes in the academic year 2017/2018, students' classical learning completeness ≥ 45% is still below the minimum completeness criteria, the stimulus is done by providing learning media 3D sketchup selection of appropriate learning models in the learning implementation plan. From relevant research studies show that the validated 3D sketchup media is very good at improving learning outcomes. This study aims to (1) Determine the feasibility of 3D Sketchup media on beam and column reinforcement detail material (2) Know the feasibility of learning devices on the beam and column reinforcement detail material.
Analysis of the results of the validation of 3D Sketchup media and the learning tools used in this study is to use instruments or questionnaires that have been made in accordance with the appropriate grids to channel messages or information for learning. The instruments used were the 3D Sketchup Media Validation questionnaire, syllabus validation questionnaire and RPP validation questionnaire (Learning Implementation Plan).
The results of the Validation on 3D Sketchup Media used in learning the details of beam and column reinforcement material get a percentage of 93.33% with the Very Eligible category. The results of the learning device validation are obtained from the validation of the Syllabus and RPP on the detail material of reinforcing beams and columns, the results of the validation on the Syllabus get a percentage of 88.57% with a Very Eligible score, and the results of the RPP validation get a percentage of 80.53% in the Very Eligible category.
Keywords: 3D Sketchup, Learning Tools, Media Feasibility.