Pengaruh Pengetahuan produk dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetika perawatan kulit wajahe
The effect of product knowledge and halal labels on purchasing decisions for facial skin care cosmetic products
Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 di dunia, dengan jumlah pendudukmenurut BPS mencapai 271 juta jiwa. Keadaan inilah yang menjadi salah satu pangsa pasar yang besar bagi beberapa industri, termasuk didalamnya adalah industri kosmetika. Dalam data Kemenperin, pertumbuhan industri kosmetik selalu mengalami kenaikan disetiap tahunnya. Dalam hal peningkatan ini tentu tidak lepas dari atensi masyarakat yang semakin tinggi terhadap penampilan. Penggunaan kosmetik maupun produk perawatan kulit tidak hanya terbatas oleh wanita tetapi juga pria, bukan hanya pada kalangan muda tetapi dari berbagai kalangan usia. Kebutuhan yang relatif besar inilah yang mendorong munculnya berbagai merek kosmetika, dengan berbagai keunggulan yang dijanjikan. Penggunaan produk kosmetika haruslah diiringi dengan pengetahuan tentang produk yang digunakan, penggunaan label yang ada pada produk tersebut dan hal lainnya, sehingga apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen dapat terpenuhi dan terhindar dari hal yang tidak seharusnya.
Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian produk kosmetika perawatan kulit wajah, mengetahui pengaruh label halal terdahap keputusan pembelian produk kosmetika perawatan wajah, dan mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan label halal secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetika perawatan wajah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen terdidik, yaitu konsumen produk perawatan kulit wajah yang masih aktif menjalankan pendidikan di perguruan tinggi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengetahuan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetika perawatan kulit wajah, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana didapatkan nilai thitung │-2,234│> ttabel 1,988. Label halal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit wajah, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana didapatkan nilai thitung 10,340 > ttabel 1,988. Dan hasil analisis data menunjukkan bahwa pengetahuanproduk dan label halal secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk kosmetika perawatan kulit wajah berdasarkan hasil uji F sebesar 55,618 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 5% .
Kata kunci : pengetahuan produk, label halal, keputusan pembelian.
Indonesia as the country with the 4th largest population in the world, with a population according to BPS reaching 271 million people. This situation has become one of the large market shares for several industries, including the cosmetics industry. According to data from the Ministry of Industry, the growth of the cosmetic industry always increases every year. In terms of this increase, of course, cannot be separated from the increasing public attention to appearance. The use of cosmetics and skin care products is not only limited by women but also men, not only among young people but from various age groups. This relatively large need has prompted the emergence of various cosmetic brands, with various promised advantages. The use of cosmetic products must be accompanied by knowledge of the products used, the use of labels on these products and other things, so that what consumers want and needs can be fulfilled and avoid things that are not supposed to be.
The purpose of this study was to determine the effect of product knowledge on purchasing decisions for facial skin care cosmetic products, to determine the effect of halal labels on purchasing decisions of facial care cosmetic products, and to determine the effect of product knowledge and halal labels simultaneously on purchasing decisions of facial care cosmetic products.
This study uses a quantitative approach. The population in this study are educated consumers, namely consumers of facial skin care products who are still actively carrying out education in universities.
The results of data analysis show that product knowledge influences purchasing decisions for facial skin care cosmetic products, this is evidenced by the results of the t-test where the tcount is -2,234│> ttable 1.988. The halal label has a positive and significant influence on purchasing decisions for facial skin care products, this is evidenced by the results of the t test where the t value10.340 > ttable 1.988. And the results of data analysis showed that product knowledge and halal labels simultaneously had a positive effect on purchasing decisions for facial skin care cosmetic products based on the F test results of 55,618 with a significance level of 0.000 < 5%.
Keywords: product knowledge, halal label, purchasing decision.