Peran Efikasi Diri Memediasi Pengaruh Kompetensi Kejuruan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa di Bidang Akuntansi
The Role of Self-Efficacy Mediates the Influence of Vocational Competence on Students' Job Readiness in Accounting
Tujuan adanya riset ini ialah untuk mengetahui peran efikasi diri sebagai pemediasi antara pengaruh kompetensi kejuruan terhadap kesiapan kerja pada siswa kelas XII AKL di SMKN Mojoagung tahun ajar 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan pada riset ini ialah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data primer pada riset ini memakai kuesioner. Pengolahan dan analisis data pada riset ini memakai analisis SEM- PLS berbantuan software WarpPLS versi 8. Dari riset ini didapatkan hasil bahwa kompetensi kejuruan tidak berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII AKL di SMKN Mojoagung, efikasi diri berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII AKL di SMKN Mojoagung, kompetensi kejuruan berpengaruh terhadap efikasi diri siswa kelas XII AKL di SMKN Mojoagung serta, kompetensi kejuruan berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII AKL di SMKN Mojoagung melalui mediasi efikasi diri. Variabel efikasi diri dalam model ini berperan sebagai full mediasi dikarenakan kompetensi kejuruan tidak berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII AKL di SMKN Mojoagung. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperbanyak variabel yang diteliti seperti dukungan keluarga Wahyuni (2020), waktu Sari dkk. (2017), memperluas sampel pada satu distrik atau lebih luas untuk memperkuat temuan penelitian dan menambahkan alat ukur tes pada pengembangan instrumen variabel kompetensi kejuruan disamping hanya menggunakan kuesioner.
The purpose of this research is to know the role of self-efficacy as a mediation between the influence of professional competence on the readiness to work in students of class XII AKL in SMKN Mojoagung year 2022/2023. The type of research used in this research is an explanatory with a quantitative approach. The primary data collection in this research uses a questionnaire. Data processing and analysis in this research uses SEM-PLS analysis with WarpPLS software version 8. From this research is obtained the result that the professional competence is not influenced by the preparation of students of class XII AKL in SMKN Mojoagung, self-efficiency is influential on the readiness of students of class XII AKL in SMKN Mojoagung, professional competences are influential to the effectiveness of students of class XII AKL in SMKN Mojoagung as well as, vocational competences have an influence on the work preparedness of students of class XII AKL in SMKN Mojoagung through the mediation of self efficiency. Variable self- efficiency in this model serves as a full mediation due to the professional competence does not affect the readiness of students of class XII AKL in SMKN Mojoagung. For future researchers, it is expected to multiply the variables studied such as family support Wahyuni (2020), time Sari dkk. (2017), expand the sample in one district or wider to strengthen the research findings and add test measurement tools on the development of professional competence variable instruments in addition to using only questionnaires.