Tujuan
penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan
media video Tutorial Materi Teknik Gambar Sketsa pada Mata Pelajaran Dasar-dasar
Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMKN 1 Jabon.
Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg dan Gall yang
memiliki sepuluh tahapan diantaranya ialah, Research and information
collecting
(penelitian dan pengumpulan data), Planning (perencanaan), Develop
preliminary form of product (pengembangan bentuk permulaan dari produk), Preliminary
field testing (uji coba awal lapangan), Main product revision
(revisi produk), Main field testing (uji coba lapangan), Operational
product revision (revisi produk operasional), Operational field testing
(uji coba lapangan operasional), Final product revision (revisi produk
akhir), Dissemination and implementation (desi minasi
dan implementasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuisioner (angket) dan tes. Sedangkan teknik analisis data angket
kelayakan media menggunakan skala likert dan teknik analisis data tes
menggunakan uji-t paired sample test. Desain penelitian ini menggunakan
pretest-posttetst one grup design dengan sasaran yaitu peserta didik kelas X
DKV SMKN 1 Jabon sejumlah 30 peserta didik.
Hasil uji validasi ahli materi sebesar 88,88% %, uji validasi ahli
media sebesar 84,72% ,
uji validasi ahli desain pembelajaran 93,75%, sedangkan hasil uji coba individu
sebesar 90%, uji coba kelompok kecil 87,5%, uji coba kelompok besar 86,08%.
Hasil uji validasi tersebut termasuk dalam kategori sangat baik karna berada
pada rentang nilai 81%-100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media
video tutorial teknik gambar sketsa layak digunakan dalam pembelajaran.
kemudian hasil analisis data pretest-posttest memperoleh nilai
sig.(2-tailed) 0.000 ≤ 0.05 dan nilai thitung
sebesar 15.504 > 2.042. kemudian pada
perhitungan rerata tes, diperoleh nilai rerata posttest yaitu 86 lebih tinggi
dari rerata pretest peserta didik yaitu rerata 43,67. Maka artinya terdapat
peningkatan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik sebelum dan
setelah diberikan media video tutorial teknik gambar sketsa. Kesimpulan yang
diperoleh ialah media video tutorial teknik gambar sketsa layak dan efektif
digunakan dalam pembelajaran peserta didik kelas X DKV 2 SMKN 1 Jabon.
Kata Kunci : Pengembangan, Media
Video Tutorial, DDKV, Borg dan Gall