ABSTRAK
Prameswari, Shinta Beta. 2019. Penerapan Metode Problem-Bbased Learning dalam Pembelajaran Berbicara Text Hortatory Exposition Kepada Siswa Kelas Sebelas di SMA NEGERI 1 SIDOARJO. Advisor: Kusumarsdyati, Ph.D.
Kata Kunci: Problem-based learning, berbicara, text hortatory exposition
Problem-based learning adalah masalah adalah metode yang berfokus pada pembelajaran kooperatif siswa dalam memecahkan masalah. Metode ini pertama kali digunakan dalam pengajaran sains. Setelah terbukti kesuksesannya untuk mengajar sains, metode ini di adaptasi oleh semua ilmu pelajaran dan salah satunya adalah bahasa.Tahapan dalam menerapkan metode ini dalam mengajar sains berbeda dengan mengajar bahasa dikarenakan bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi dalam kegiatan pembelaharan dan bukan objek sebenarnya dari itu. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan penelitian deskriptif untuk menggambarkan penggunaan dan tantangan dalam menggunakan metode Problem-based learning. Penelitian ini berada di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah guru kelas XI SMA Negeri 1 Sidoarjo yang telah menerapkan metode Problem-baseed learning dalam mengajar berbicara teks hortatory exposition. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara. Selain itu, data yang telah didapatkan disusun dan dikenali lebih dalam, dikodekan dan direduksi dan ditafsirkan serta direpresentasikan untuk mengembangkan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam menerapkan metode Problem-based learning dalam mengajar berbicara teks hortatory exposition kepada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sidoarjo adalah memperkenalkan masalah dan bahasa yang dibutuhkan, mengelompokkan siswa dan menyediakan sumber belajar, mengamati dan mendukung siswa, menindak lanjuti temuan para siswa dan menilai kemajuan kegiatan pemecahan masalah. Selain itu, tantangan dalam menerapkan metode ini adalah mengadaptasi metode, menentukan masalah, kekurangan sumber daya, tidak dapat untuk diterapkan di semua tingkat pendidikan dan mengendalikan kelas. Secara keseluruhan, guru telah sepenuhnya melakukan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah dalam mengajar berbicara dan menemukan lima tantangan dalam menerapkan metode itu. Dengan demikian, peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris agar supaya lebih mempertimbangkan langkah-langkah dalam menerapkan metode tersebut dan kepada peneliti selanjutnya dengan perlu menyaring langkah-langkah yang sesuai dan menyelesaikan masalah yang ada.
ABSTRACT
Prameswari, Shinta Beta. 2019. The Implementation of Problem-based Learning in Teaching Speaking of Hortatory Exposition Text to the Eleventh Graders of SMA NEGERI 1 SIDOARJO. Advisor: Kusumarsdyati, Ph.D.
Keyword: Problem-based learning, Speaking, Hortatory Exposition Text
Problem-based learning is a method focused on the students’ cooperative learning in solving problem. This method is firstly used in teaching science. Since its successfulness, it is adapted to all disciplines and one of them is language learning. The stages in implementing this method in teaching science must be different from teaching language since language is normally used as a tool when learning not the actual object of it. This study uses qualitative design and descriptive research to describe the implementation and the challenges in implementation and challenges in Problem-based learning. The setting is in SMA Negeri 1 Sidoarjo. The subject of this study is a teacher of eleventh graders of SMA Negeri 1 Sidoarjo who had implemented Problem-based learning in teaching speaking of hortatory exposition text. The research instruments are observation sheets, field notes and interview. Moreover, the data are organized and familiarized, coded and reduced and interpreted and represented to develop the result. The result shows that the steps in implementing Problem-based learning in teaching speaking of hortatory exposition text to the eleventh graders of SMA Negeri 1 Sidoarjo are introducing the problem and language needed, grouping the students and providing resources, observing and supporting the students, following up the students work and assessing the progress of problem-solving activity. Furthermore, the challenges in implementing that method are adapting the method, determining the problems, lack of resources, inappropriate to be implemented in all level of education and controlling the class. Overall, the teacher has completely done the steps of Problem-based learning in teaching speaking and found five challenges in implementing that method. Thus, the researcher suggests to the English teacher that needs to be more consider in the steps in implementing that method and to the further researcher that needs to filter the suitable steps and solve the problem.