Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMA Negeri Jogoroto Jombang
Marketing Strategy for Education Services at Jogoroto Jombang Senior High School
Hasanah, Rr Pramita. 2023. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMA Negeri Jogoroto Jombang. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing : (I) Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd dan (II) Dr. Myhamad Sholeh, S.Pd
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Formulasi, Implementasi, Evaluasi, Jasa Pendidikan
Penelitian ini menjelaskan tentang strategi pemasaran pendidikan dalam upaya menarik minat para pengguna jasa pendidikan dan mempertahankan eksistensi sekolah khususnya di SMA Negeri Jogoroto Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi-strategi yang dilakukan oleh sekolah beserta dengan bagaimana formulasi strategi pemasaran, implementasi strategi pemasaran dan evaluasi strategi pemasaran dalam menarik minat pelanggan jasa pendidikan di SMA Negeri Jogoroto Jombang.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan proses dan pengumpulan serta analisis data, maka hasil dari penelitian ini meliputi 1) formulasi pemasaran pendidikan dilakukan dengan telebih dahulu; a) menetapkan visi, misi dan tujuan sekolah. b) menentukan segmentasi pasar. c) menjalankan strategi pembiayaan. d) memanfaatkan strategi promosi. e) meningkatkan sumber daya manusia. f) meningkatkan kualitas lulusan. g) mengadakan sarana prasarana yang memadai. h) memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. i) memperbanyak upaya kerjasama. 2) Implementasi pemasaran pendidikan di SMA Negeri Jogoroto Jombang dilakukan dengan menjabarkan strategi-strategi yang telah dirumuskan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yaitu; a) melaksanakan kegiatan promosi. b) menyelenggarakan ajang kompetisi. c) melakukan pembiasaan. d) meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler. e) menjalankan segala bentuk kerjasama. f) menunjukkan kualitas lulusan. g) melaksanakan koordinasi dalam segala kegiatan. 3) Evaluasi pemasaran sekolah di SMA Negeri Jogoroto Jombang meliputi; a) melakukan evaluasi pada setiap sektor kegiatan. b) mengevaluasi hasil belajar siswa. c) melakukan penilaian kepentingan publik.
Pembimbing: (I) Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd dan (II) Dr. Myhamad Sholeh, S.Pd
Keywords : Marketing Strategy, Formulation, Implementation, Evaluation, Educational Service
This study explains the education marketing strategy in an effort to attract the interest of education service users and maintain the existence of schools, especially in SMA Negeri Jogoroto Jombang. This study aims to explain the strategies carried out by the school along with how to formulate marketing strategies, implement marketing strategies and evaluate marketing strategies in attracting educational service customers at SMA Negeri Jogoroto Jombang.
In this research using a qualitative approach and the type of research is a case study using observation, interview, and documentation methods. Based on the process and data collection and analysis, the results of this study include 1) the formulation of educational marketing is carried out in advance; a) establish the vision, mission and goals of the school. b) determine market segmentation. c) implement a financing strategy. d) utilize promotional strategies. e) improve human resources. f) improve the quality of graduates. g) provide adequate infrastructure. h) provide the best service for the community. i) increase cooperation efforts. 2) The implementation of educational marketing at SMA Negeri Jogoroto Jombang is carried out by describing the strategies that have been formulated in the form of activities, namely; a) carry out promotional activities. b) organizing competitions. c) carry out habituation. d) increase extracurricular activities. e) carry out all forms of cooperation. f) demonstrate the quality of graduates. g) carry out coordination in all activities. 3) School marketing evaluation at SMA Negeri Jogoroto Jombang includes; a) conduct evaluations in each sector of activity. b) evaluate student learning outcomes. c) conduct public interest assessments.