PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA SMP
THE APPLICATION OF INQUIRY LEARNING MODEL TO IMPROVE SCIENCE PROCESS SKILLS (SPS) OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII pada salah satu SMP di Mojoagung. Tahapan penelitian meliputi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis. Hasil analisis data penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan KPS siswa, Keterampilan proses sains (KPS) siswa didapatkan dari hasil analisis menggunakan N-gain score. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, keterampilan proses sains siswa kelas VIII-A dan VIII-B mengalami peningkatan. Nilai N-gain yang didapatkan dari masing-masing kelas VIII-A dan VIII-B yaitu 0,54 dan 0,56, yang mana keduanya termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP.
This study aimed to find out the improvement of student’s science process skills (SPS) after applying the inquiry learning model. The type of research used is quantitative research. The subjects of this study were students of class VIII at one of the junior high schools in Mojoagung. Research stages, three stages, namely preparation, implementation, and analysis. The results of the data analysis apply the inquiry learning model to improve student’s SPS, student’s science process skills (SPS) are obtained from the results of the analysis using N-gain scores. From the results of the research that has been carried out, the process skills of raising students in grades VIII-A and VIII-B increase. N-gain values obtained from each class VIII-A and VIII-B are 0.54 and 0.56, which are included in the medium category. Based on the results of research conducted can conclude the application model of inquiry in learning can improve the process skills of junior high school students.