Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Perannya Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru ( Studi Kasusu di SMPS Barunawati Surabaya)
Principal Leadership and Its Role in Efforts Improving Teacher Performance (Case Study at Barunawati SMPS Surabaya),
ABSTRAK
Atiek Istijarti, 2017, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Perannya Dalam Upaya
Meningkatkan Kinerja Guru ( Studi Kasusu di SMPS Barunawati Surabaya), Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Sri Setyowati, M.Pd dan (II) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd
Kata Kunci : kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru.
Seorang guru dalam menjalankan tugas kependidikannya harus memiliki etos kerja sebagai seorang pendidik yang professional. Sebaik apapun kurikulum dan fasilitas yang lengkap tidak menjamin baiknya pendidikan, jika tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas gurunya. Maka, peningkatan pembinaan tenaga guru yang professional merupakan unsur yang sangat penting bagi pembaharuan dunia pendidikan. Dari hal tersebut, maka peneliti melaksanakan penelitian di SMPS Barunawati Surabaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menjelaskan tentang tipe kepemimpinan kepala sekolah di SMPS Barunawati Surabaya, peranan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru, kinerja guru-gurunya, dan usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Guru-guru di SMPS Barunawati mempunyai aktifitas yang padat, baik yang bersifat akademik, maupun non akademik yang dilakukan sehari hari dalam rangka melaksanakan tugas pengajaran maupun mengupgrade kemampuannya sendiri baik dilakukan sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan dekriptif kualifatif dimana pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini sebagai informan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan direktur pendidikan. Keabsahan data meliputi kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Data yang diperoleh dianalisis meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru secara umum dapat dikatakan sudah baik. Kinerja guru di SMPS Barunawati Surabaya dapat dilihat dan diukur berdasarkan spesifikasi/kriteria kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru. Kepemimpinannya bersifat demokratis dengan pendelegasian wewenang secara berjenjang. Memulai dengan konsep dan strategi melalui program-program sekolah yang telah direncanakan sebelumnya dengan baik. Dalam meningkatkan pedagogik guru-gurunya dilakukan pembinaan, pendidikan dan latihan (diklat). Selain peningkatan pedagogik dilakukan juga peningkatan kompetensi kepribadian, peningkatan kompetensi sosial dan peningkatan kompetensi profesional. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPS Barunawati Surabaya antara lain; peningkatan disiplin dan keteladanan, pemberian motivasi, mengadakan dan melengkapi sarpras, penempatan (pemberian tugas) yang tepat serta memberikan penghargaan dan pengakuan.
ABSTRACT
Atiek Istijarti, 2017, Principal Leadership and Its Role in Efforts Improving Teacher
Performance (Case Study at Barunawati SMPS Surabaya), Thesis, Educational Management Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Advisor (I) Dr. Sri Setyowati, M.Pd and (II) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd
Keywords: school principal's leadership, teacher performance
A teacher in carrying out educational tasks must have a work ethic as a professional educator. No matter how well-equipped the curriculum and facilities do not guarantee good education, if not balanced by improving the quality of the teacher. Thus, increasing professional teacher training is a very important element for the renewal of the world of education. From this, the researchers conducted research at SMPS Barunawati Surabaya. The purpose of this study is to understand and explain the type of leadership of principals at SMPS Barunawati Surabaya, the role of principals in efforts to improve teacher performance, teacher performance, and efforts made by school principals in efforts to improve teacher performance. The teachers at SMPS Barunawati have busy activities, both academic and non-academic, which are carried out daily in order to carry out teaching tasks and upgrade their own abilities both individually and jointly.
The research method used is a case study using a qualitative descriptive approach where data collection is done through observation, interviews and documentation. In this study as informants are the principal, vice principal, teacher and director of education. Data validity includes credibility, transferability, dependability and confirmability. The data obtained were analyzed including data condensation, data presentation, and drawing conclusions or data verification.
Based on the data obtained shows that the principal's leadership in an effort to improve teacher performance in general can be said to have been good. Teacher performance at Barunawati Surabaya SMPS can be seen and measured based on specifications / competency criteria that must be possessed by each teacher. Its leadership is democratic with the delegation of authority in stages. Start with concepts and strategies through well-planned school programs. In enhancing the pedagogy of the teachers, coaching, education and training are conducted. In addition to improving pedagogics, there is also an increase in personality competence, increased social competence and increased professional competence. The efforts made by school principals in improving teacher performance at the Barunawati Surabaya SMPS include; improvement of discipline and example, providing motivation, conducting and completing Sarpras, placement (assigning tasks) as well as giving awards and recognition.