Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media bunga rawa terhadap hasil belajar menulis kosakata Aksara Jawa siswa kelas III SDN Sarirogo Sidoarjo;(2) mendeskripsikan pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar menulis kosakata Aksara Jawa siswa kelas III SDN Sarirogo Sidoarjo; (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media bunga rawa dan kreativitas terhadap hasil belajar menulis kosakata Aksara Jawa siswa kelas III SDN Sarirogo Sidoarjo.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan pre test-post test design . Data peneitian menunjukkan: Hasil analisis normalitas di kelas eksperimen sebesar 0,164 dan di kelas kontrol sebesar 0,149. Karena kedua kelompok tersebut memiliki signifikansi > 0,05 atau > 5%, maka dapat disimpulkan bahwa data pada masing-masing kelompok adalah berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai homogenitas berpikir kritis memperoleh nilai sig 0,661. Karena angka signifikansi > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 84,00 dan pada kelas kontrol mendapat nilai rata-rata sebesar 59,75. Kemudian dengan melihat hasil uji independent sample T-test diperoleh thitung sebesar 7,248 dan ttabel dengan df: 38 dan taraf sig 0,05 atau 5% adalah sebesar 1,686. Apabila dilakukan perbandingan thitung 7,248 > ttabel 1,686, dengan hasil sig. 2 tailed sebesar 0,000 > 0,05 maka Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan secara signifikan. Hasil mengindikasikan ada perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Simpulan penelitian ini bahwa: 1) penggunaan media bunga rawa berpengaruh terhadap hasil belajar menulis kosakata Aksara Jawa siswa kelas III SDN Sarirogo Sidoarjo; 2) kreativitas berpengaruh terhadap hasil belajar menulis kosakata Aksara Jawa siswa kelas III SDN Sarirogo Sidoarjo dan; 3) penggunaan media dan kreativitas memengaruhi hasil belajar menulis kosakata bahasa jawa bagi siswa yang berasal dari latar belakang sosial suku jawa.
This is a quantitative research that was aims to: (1) describe the influence of the use of bunga rawa media on the learning result of writing Javanese script vocabulary for third grade at SDN Sarirogo Sidoarjo; (2) describe the influence of the creativity on the learning result of writing Javanese script vocabulary for third grade at SDN Sarirogo Sidoarjo; (3) describe the influence of the use of bunga rawa media and creativity on the learning result of writing Javanese script vocabulary for third grade at SDN Sarirogo Sidoarjo.
Research was done by quantitative aproach by experiment method. The research using two classes there are control and experiment class using pre test-post test design. research data shows: analysis normality result in experiment class is 0,164 and in control class is 0,149. Because of both group has >0,05 or 0,5% significance, so it can be cocluded that data for each for each groub are normal disributed. Homogeneity test result obtained value of homogeneity from critical thinking earn 0,661 significant value. Because the number of significance >0,05, so it can be concluded that variant sample are homogeneous. The average score of exoeriment class is 84, 00 and control class is 59,75. Then by see the test resullt of independent sample of T-test obtained that (t-count) is 7, 248 and (t-table) 1,686. If we do a comparison t-count 7,248 >t-table 1,686 and the result of sig. 2 is 0,000>0,05 so Ho denied that means there is a si gnificant difference. The result indicate that there is difference result of study between control and experiment class.
The conclusion of this research are: 1) using media bunga rawa media influence on the learning result of writing Javanese script vocabulary for third grade at SDN Sarirogo Sidoarjo; 2) creativity influence on the learning result of writing Javanese script vocabulary for third grade at SDN Sarirogo Sidoarjo, and; 3) using media bunga rawa creativity is influence the result of writing javanese vocabulary study for students that come from social background of Javanese ethnic group.