Penelitian ini berfokus pada sistem kerja humas dan strategi humas yang dilakukan oleh Humas kantor kepala desa Watudandang khususnya untuk meningkatkan image positif pelayanan administrasi, dan juga untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap image pelayanan yang diberikan oleh humas kantor kepala desa Watudandang. Peran humas kantor kepala desa Watudandang mendapat tantangan untuk meningkatkan image positif pada pelayanan administrasi yang kurang baik atas opini masyarakat yang kurang sadar akan administrasi. Teori yang digunakan yaitu hubungan masyarakat, strategi humas, citra positif, pelayanan administrasi dan teori yang relevan lainnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengumpulakan data dengan observasi yang dilakukan untuk mengetahui informasi image pelayanan administrasi dengan penyebaran angket kepada masyarakat, wawancara semi standar yang dilakukan dengan kepala desa Watudandang dan sekretaris atau humas mengenai sistem kerja dan strategi humas, dokumentasi dilakukan untuk bukti informasi. Keterbatasan penelitian ini hanya fokus pada strategi humas kantor kepala desa Watudandang. Hasil penelitian ini adalah sistem kerja yang digunakan dengan membentuk perangkat desa secara struktural dan kultural, strategi yang digunakan humas adalah memberikan informasi dengan memanfaatkan media whatsapp dan sosialisasi pada kegiatan masyarakat dan rapat kerja. Peneliti memberikan saran kepada humas untuk memberikan pelayanan online dengan aktif mengisi website desa dan merencanakan e-government untuk meningkatkan image positif pelayanan administrasi di kantor kepala desa Watudandang. Langkah tersebut guna menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan masyarakat yang sadar akan administrasi.
Kata Kunci: strategi humas, image positif, pelayanan administrasi.
The research is focused on the system of work of public relations and strategic public relations are conducted by the public relations office of the head village Watudandang in particular to improve the image positive service administration, and also to know the assessment community to image services are supplied by the public relations office of the head village Watudandang. Role public relations office of the head village Watudandang got the challenge to improve the image positive in the service of the administration. The theory that is used is the relationship of society, the strategy of public relations, image positive, service administration and the theory that other relevant. The research using reseach descriptive and using methode study the case with approach. Research is synthesize the data with observations that do to find out information abaout image services administration with the deployment of questionnaires to the community, interviewing semi-standard that is done by the head village Watudandang and secretary or public relations regarding the system of work and strategy of the Watudandang village head office. The results of the research it is a system of work that used to form the device villages are structurally and culturally, a strategy that used the public relations is giving information by utilizing media whatsapp and socialization on the activities of the community and meeting work. Researchers give advice to public relations to provide service online by actively filling website village and planned e-government to improve the image positive service administration in the office of the head village Watudandang. Steps are ti create a system to manage government are good and the people who are aware will be administrative.
Key Word: strategy of public relations, image positive, service administration.