Pengaruh Perencanaan Pajak dan Creative Accounting terhadap Nilai Perusahaan
The Effect of Tax Planning and Creative Accounting on Firm Value
Perusahaan memiliki tujuan untuk mengoptimalkan nilai perusahaan sehingga perusahaan berupaya melakukan perencanaan pajak dan creative accounting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan pajak dan creative accounting terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis linear berganda. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2017- 2019 dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pajak dan creative accounting tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini berarti tinggi rendahnya praktik perencanaan pajak maupun creative accounting yang dilakukan oleh manajer tidak memengaruhi nilai perusahaan.
The company has a goal to optimize the firm value so that the company tries to do tax planning and creative accounting. The research aims to determine the effect of tax planning and creative accounting on firm value. This research uses quantitative methods and multiple linear analysis techniques. The sample used is manufacturing companies listed on the IDX for the 2017-2019 period with purposive sampling method. The results showed that tax planning and creative accounting had no affect on firm value. That means the level of tax planning and creative accounting practices carried out by managers doesn’t affect firm value.