ABSTRAK PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI UNIT OF REMUNERATION & PERFORMANCE APPRAISAL PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) Tbk
Nama : Wisnu Sugiatmaja
Nim : 16040263027
Program Studi : DIII Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Agus Prastyawan S.Sos., M.Si.
Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kecakapan tertentu yang dapat mempengaruhi para pengikutnya untuk melakukan kerjasama ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan organisasi ditentukan oleh kualitas pemimpin, maka dari itu pemimpin memiliki peran penting dalam organisasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peran Pemimpin dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Unit of Remuneration & Performance Appraisal PT Semen Indonesia (persero) Tbk. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Fokus peran pemimpin dalam penelitian ini menggunakan teori Pasolong (2013:33) yaitu peran pengambilan keputusan, peran mempengaruhi, peran memotivasi, peran antar pribadi, dan peran informasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sehingga data yang terkumpul cukup valid untuk dijadikan bahan Tugas Akhir. Hasil penelitian ini menerapkan lima peran dalam meningkatkan kinerja pegawai menurut fokus yang diambil yaitu mengambil keputusan dengan cara dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan para bawahannya namun pemimpin belum bergerak untuk melakukan inovasi mengenai perekrutan pegawai untuk meringankan tugas yang ada pada unit ini. Mempengaruhi dengan cara memberikan contoh tindakan langsung dan memberikan reward pujian secara lisan. Memotivasi juga dengan cara memberikan reward pujian secara lisan, namun pemimpin belum memberikan punishment seperti teguran lisan contohnya. Antar pribadi dengan cara menuntun, memberdayakan, dan mendorong pegawai agar lebih baik namun hal ini jarang diterapkan, dan informasional pemimpin menyampaikan informasi tersebut dengan cara formal maupun informal melalui whatsapp vertikal dari atasan ke bawahan. Hal itu bisa juga merupakan tindakan pendekatan antar pribadi antara pemimpin dan bawahan. Saran dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja pegawai pimpinan harus melakukan inovasi perekrutan pegawai baru untuk meringankan beban tugas yang ditinggalkan oleh pegawai yang lama, hal tersebut merupakan tindakan pengambilan keputusan yang harus dilakukan pemimpin dan memusyawarahkan dengan bawahan. Memberikan reward dalam bentuk uang tambahan misalnya dan bukan hanya pujian secara lisan saja. Memberikan punishment atau teguran yang membangun bagi para bawahan yang tidak maksimal dalam bekerja. Memberikan pendekatan antar pribadi secara langsung ke pegawai dengan lebih intens.
Kata kunci : Peran Pemimpin, Kinerja Pegawai, Kepemimpinan
ABSTRACT ROLE OF LEADERS IN IMPROVING EMPLOYEE'S PERFORMANCE IN UNIT OF REMUNERATION & PERFORMANCE APPRAISAL PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) Tbk
Name : Wisnu Sugiatmaja
NIM : 16040263027
Study Program : DIII State Administration
Department : Public Administration
Faculty : Faculty of Social Sciences and Law
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Dr. Agus Prastyawan S.Sos., M.Sc.
A leader is someone who has certain skills that can influence his followers to collaborate towards achieving predetermined goals. The success or failure of achieving organizational goals is determined by the quality of the leader, therefore the leader has an important role in the organization. The purpose of this study is to describe the Role of Leaders in Improving Employee Performance in the Unit of Remuneration & Performance Appraisal of PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. The research approach in this study uses research with qualitative descriptive methods. The focus of the role of the leader in this study uses Pasolong theory (2013: 33), namely the role of decision making, influencing roles, motivating roles, interpersonal roles, and informational roles. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation and data analysis techniques in this study are data collection, data reduction, data presentation and conclusion so that the collected data is valid enough to be used as Final Project material. The results of this study apply five roles in improving employee performance according to the focus taken, namely to make decisions by deliberating with their subordinates, but the leader has not moved to innovate regarding employee recruitment to ease the tasks that exist in this unit. Influence by giving examples of direct action and giving verbal rewards. Motivating also by giving praise rewards orally, but leaders have not given punishment such as verbal reprimand for example. Interpersonal by way of guiding, empowering, and encouraging employees to be better but this is rarely applied, and informational leaders convey this information in formal and informal ways through vertical whatsapp from superiors to subordinates. It can also be an interpersonal approach between leaders and subordinates. Suggestions in this study are to improve the performance of leadership employees must innovate the recruitment of new employees to ease the burden of tasks left by the old employees, it is a decision-making action that must be carried out by leaders and deliberate with subordinates. Providing rewards in the form of extra money for example and not only verbal praise. Giving punishment or constructive rebuke for subordinates who are not optimal at work. Provide a more personal interpersonal approach to employees.
Keywords: Role of Leaders, Employee Performance, Leadership