PENGEMBANGAN E-MODULE “PERANG DINGIN” KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 19 SURABAYA
DEVELOPMENT OF E-MODULE “COLD WAR” CLASS XII OF SOCIAL SCIENCES AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 19 SURABAYA
Permasalahan pembelajaran yang terjadi pada mata pelajaran Sejarah Peminatan materi Perkembangan Politik Dunia pada Masa Perang Dingin untuk kelas XII IPS di SMA Negeri 19 Surabaya adalah materi tersebut memiliki karakteristik bersifat faktual, yang mana menceritakan sejarah terjadinya perang dingin hingga berakhirnya perang dingin, yang begitu padat bacaan. Sedangkan materi yang padat ini tetap harus disampaikan secara menyeluruh. Selain itu, pemanfaatan media pembelajaran dan sumber belajar oleh guru belum berdasarkan pada prinsip by design dan hanya berdasar pada prinsip by utilization, di mana guru tidak membuat media pembelajaran sendiri, melainkan memanfaatkan segala sesuatu yang sudah ada di sekitar untuk keperluan belajar. Sehingga pemanfaatan media hanya sekedar digunakan dan kurang sesuai dengan kebutuhan maupun tujuan pembelajaran, serta membuat siswa cenderung bosan dan monoton dalam menerima materi yang menyebabkan hasil belajarnya rendah dan belum mencapai KBM (Ketuntasan Belajar Minimum). Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dan mengetahui kelayakan media E-Module yang dikembangkan untuk mata pelajaran Sejarah Peminatan, materi Perkembangan Politik Dunia pada Masa Perang Dingin untuk kelas XII IPS di SMA Negeri 19 Surabaya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analyze (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Namun dalam penelitian ini, tahap implementasi dan evaluasi tidak dilakukan karena sedang dalam masa pandemi Covid-19. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil instrumen angket. Uji validasi dilakukan oleh 2 ahli, yaitu ahli materi dan ahli media, yang mana diperoleh hasil dari uji validasi sebagai berikut : Hasil uji kelayakan materi oleh ahli materi sebesar 98,66%, dan hasil uji kelayakan media beserta bahan penyerta sebesar 94,1% Berdasarkan hasil tersebut, maka materi dan media dinyatakan masuk dalam kategori “sangat baik” dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: E-Module, Pengembangan, Perkembangan Politik Dunia pada Masa Perang Dingin
The learning problem that occurs in the subject of History of World Politics Development during the Cold War Period for class XII of Social Sciences at State Senior High School 19 Surabaya is that the material has factual characteristics, which tells the history of the cold war until the end of the cold war, which is so readable. While this solid material still has to be conveyed thoroughly. Besides, the use of learning media and learning resources by teachers has not been based on the principle by design and is only based on the principle by utilization, where teachers do not make their learning media, but take advantage of everything that is around for learning purposes. So that the use of media is only used and not by the needs and objectives of learning, and makes students tend to be bored and monotonous in receiving material which causes low learning outcomes and has not reached the minimum learning completeness. Based on these problems, this study aims to develop media and determine the feasibility of the media E-Module developed for the subject of History of Specialization, World Political Development during the Cold War Period for class XII of Social Sciences at State Senior High School 19 Surabaya. This study uses the ADDIE model which consists of 5 stages, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. However, in this study, the implementation and evaluation stages were not carried out because they were currently in the Covid-19 pandemic. The type of data in this study is quantitative data obtained from the results of a questionnaire instrument. The validation test was carried out by 2 experts, namely material experts and media experts, where the results of the validation test were as follows: The results of the material feasibility test by material experts were 98,66%, and the results of the feasibility test of the media and accompanying materials were 94.1%. Therefore, the material and media are categorized as "very good" and suitable for use in the learning process.
Keywords: E-Module, Development, World Political Development during the Cold War Period