PERANCANGAN MOTIF BATIK KHAS GRESIK MENGGUNAKAN APLIKASI IBISPAINT OLEH SISWA SMAN 1 DUKUN
DESIGNING BATIK MOTIFS TYPICAL OF GRESIK USING IBISPAINT APPLICATION BY STUDENTS OF SMAN 1 DUKUN
Gresik merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai komuditas, budaya, serta flora dan fauna yang dimiliki. Dengan memanfaatkan teknologi secara kreatif dan efektif, kekayaan alam Gresik dapat dikenalkan kepada masyarakat secara lebih luas. Salah satu caranya adalah melalui pembelajaran perancangan motif batik yang mengangkat budaya atau komuditi khas Gresik.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses, hasil karya, respon peserta didik , dan efektifitas kegiatan perancangan motif batik khas Gresik menggunakan aplikasi ibisPaint X oleh peserta didik SMAN 1 Dukun Gresik.
Penelitian ini menggunakan metode 4D yakni define, design, develope, dan disseminate. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuisioner (angket responden dan wawancara peserta didik), wawancara guru seni budaya terhadap kegiatan dan hasil perancangan motif batik menggunakan aplikasi IbisPaint X, dan dokumentasi kegiatan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasi menggunakan teknik triangulasi data.
Proses pembelajaran dilakukan selama empat pertemuan tatap muka dengan tahapan perancangan yakni (1) Define dengan penyampaian materi berupa pengenalan aplikasi oleh peneliti dan pembahasan produk yang akan di buat, (2) Design dengan menentukan ide dan tema rancangan. (3) Develope dengan membuat sketsa konsep rancangan pada kertas A4, pemindahan bahan sketsa rancangan pada aplikasi ibisPaint X dengan ukuran kanvas kerja 4000 X2300 piksel , penyusunan dan pewarnaan motif batik, dan finishing. (4) Disseminate dengan cetak karya dan pameran online. Perancangan desain motif ini dilakukan oleh 30 peserta didik kelas XI 7 yang dikerjakan secara individu. Hasil karya siswa menunjukkan sebanyak 7 anak memperoleh nilai dengan kriteria sangat bagus dengan rentang nilai 89-100 dan 23 anak memperoleh nilai bagus dengan rentang nilai 77-88 dengan nilai rata-rata 86.
Data kuisioner mengenai tanggapan peserta didik menujukkan minat peserta didik terhadap pembelajaran praktek merancang menggunakan aplikasi ibisPaint X secara keseluruhan diperoleh presentase angket 86% yang termasuk dalam kategori baik. Hasil karya siswa menunjukkan bahwa siswa telah berhasil mebuat rancangan motif dengan baik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi ibisPaint X dalam merancang motif batik khas Gresik efektif dilaksanakan, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dan menambah pengetahuan baru dengan memanfaatkan smartphone. Hal ini memberikan dampak positif pada penggunaan smartphone dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Motif Batik, IbisPaint , SMAN 1 Dukun
Gresik is a district in East Java that is famous for its various commodities, culture, and flora and fauna. By utilising technology creatively and effectively, Gresik's natural wealth can be introduced to the wider contrumity. One way is through learning the design of batik motifs that raise the culture or typical commodities of Gresik.
This study aims to determine and describe the process, the results of the work, the response of students, and the effectiveness of the activity of designing batik motifs typical of Gresik using the ibisPaint X application by students of SMAN 1 Dukum Gresik.
This research uses the 4D method, namely define, design, develop, and disseminate. Data collection techniques through observation, questionnaires (respondent questionnaires and student interviews), cultural arts teacher interviews on activities and the results of desigrung batik motifs using the IrisPaint X application, and documentation of research activities. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation and conclusions. Validation using data triangulation techniques.
The learning process is carried out for four face-to-face meetings with the design stages, namely (1) Dafina by delivering material in the form of an introduction to the application by the researcher and discussing the product to be made, (2) Design by determining the idea and theme of the design. (3) Develope by sketching the design concept on A4 paper, transferring the design sketch material to the ibisPaint X application with a work canvas size of 4000 X 2300 pixels, composing and colouring batik motifs, and finishing. (4) Disseminats with printed works and onlins exhibitions. The design of this motif design was carried out by 30 students of class XI7 who worked individually. The results of the students work showed that 7 children obtained scores with very good criteria with a score range of 89-100 and 23 children obtained good scores with a score range of 77-88 with an average score of 86.
Questionnaire data regarding students' responses show students' interest in learning the practice of designing using the ibisPaint X application as a whole obtained a questionnaire percentage of 86% which is included in the good category. The results of student work show that students have managed to design motifs well and get a good response at the onlins exhibition. From the results of this study, it is concluded that the use of the ibisPaint X application in designing typical Gresik batik motifs is effectively implemented, can increase student learning motivation, and add new knowledge by utilising smartphones. This has a positive impact on the use of smartphones in learning activities.
Keywords: Batik Motifs, IbisPaint , SMAN 1 Dukun