Perancangan Promotion Guidelines Namira Ecoprint
Designing Promotion Guidelines for Namira Ecoprint
Namira Ecoprint merupakan UMKM lokal di Surabaya yang bergerak di industri sustainable fashion dengan produk ecoprint yang fokus pada penggunaan bahan alami. Menargetkan kalangan menengah ke atas dengan produk eksklusif dan berseni tinggi, Namira Ecoprint berpotensi menjadi brand high end yang menjangkau pasar global. Namun setiap tahun pendapatannya belum stabil karena kurangnya sumber daya manusia dan tidak mengoptimalkan media promosi. Sehingga keunikan dan citra merek belum tercipta. Tujuan perancangan ini adalah untuk membangun konsep, memberikan arahan terstruktur, membangun strategi promosi efektif dan komunikatif yang berjalan selaras dengan value dan visi misi Namira Ecoprint dengan menghasilkan Promotion Guidelines Namira Ecoprint. Penelitian ini mencakup proses pembuatan panduan teknis promosi dan penerapannya pada media pendukung berupa feed dan story Instagram, marketplace Shopee serta kebutuhan media cetak seperti poster, x banner, banner dan brosur. Metode yang digunakan yaitu design thinking Hasso-Plattner Institute of Design at Stanford dalam satu siklus dengan teknik analisis SWOT dan STP. Hasil penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa strategi promosi dan visual yang konsisten dan media promosi yang dirancang menciptakan visual menarik dan informasi yang komunikatif. Perancangan ini memberikan dampak pada efektivitas promosi karena dapat menaikkan insight, mendorong konsumen untuk mengetahui lebih dalam tentang Namira Ecoprint dan menciptakan peluang adanya ketertarikan pembelian produk. Sehingga Promotion Guidelines Namira Ecoprint terbukti mencapai kualitas yang baik sekali dan layak digunakan sebagai panduan promosi.
Namira Ecoprint is a local MSME in Surabaya engaged in the sustainable fashion industry with ecoprint products that focus on the use of natural materials. Targeting the upper middle class with exclusive and artful products, Namira Ecoprint has the potential to become a high-end brand that reaches the global market. However, every year the revenue has not been stable due to the lack of human resources and not optimizing promotional media. So that the uniqueness and brand image have not been created. The purpose of this design is to build concepts, provide structured direction, build effective and communicative promotional strategies that run in harmony with the value and vision, and mission of Namira Ecoprint by producing Promotion Guidelines for Namira Ecoprint. This research includes the process of creating promotional technical guidelines and their application to supporting media in the form of Instagram feeds and stories, Shopee marketplace, and print media needs such as posters, x banners, banners, and brochures. The method used is design thinking Hasso-Plattner Institute of Design at Stanford in one cycle with SWOT and STP analysis techniques. The results of this study successfully showed that a consistent promotional and visual strategy and designed promotional media created attractive visuals and communicative information. This design has an impact on promotional effectiveness because it can increase insight, encourage consumers to find out more about Namira Ecoprint, and create opportunities for product purchase interest. Therefore, the Promotion Guidelines for Namira Ecoprint are proven to achieve excellent quality and are worthy of being used as a promotional guide.