STUDI KASUS KESADARAN PESERTA DIDIK SD NEGERI PELANG LOR 1 TENTANG ADANYA TINDAK PERUNDUNGAN VERBAL
Kesadaran tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari seorang individu. Sebagian besar hari individu dipenuhi dengan kesadaran saat melakukan aktivitas. Kesadaran adalah suatu keadaan mengerti yang dimiliki setiap individu terhadap hal yang terjadi di keseharian mereka masing-masing. Di sekolah dasar, peserta didik mengerti tentang adanya tindak perundungan verbal namun pada kenyataannya masih melakukan perundungan verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran peserta didik mengenai adanya tindak perundungan verbal yang terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Dengan subjek merupakan pelaku perundungan verbal. Penelitian bersumber dari data primer dan sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian dengan mereduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peserta didik menyadari adanya tindak perundungan verbal, faktor yang mempengaruhi kesadaran peserta didik menyadari tentang tindakan perundungan verbal lebih banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal, dalam hal ini adalah teman serta guru. Dampak yang disadari dari tindak perundungan verbal adalah terganggunya suasana belajar mengajar di dalam kelas serta upaya yang sering dilihat yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah adalah dengan menasehati.
Consciousness is an inseparable thing in the daily life of an individual. Most individual days are filled with awareness when doing activities. Awareness is state of understanding that each individual has of what happens in their daily lives. In elementary school, students understand about verbal bullying, but in reality they are still doing verbal bullying. This study aims to determine the awareness of students about verbal bullying that occurs in the school environment. This study uses qualitative research with a case study method. With the subject were doing verbal bullying. Research sourced from primary and secondary data using data collection methods such as observation, interviews and documentation. Research data analysis techniques by reducing data, presenting data and drawing conclusions. Based on the results of the study, several conclusions were obtained, that students were aware of verbal bullying, factors affecting student awareness of verbal bullying were more dominantly influenced by external factors, in this case friends and teachers. The impact that is realized verbal bullying is the disruption of teaching and learning in the classroom and the effort that is often seen by students is an advise from teacher and headmaster.