Sebuah kepercayaan diri atau efikasi diri dalam pergaulan teman sebaya pada siswa itu sangat penting. Bagi siswa ketidakpercayaan diri atau efikasi diri yang rendah akan menghambat tugas perkembangannya terutama dalam menjalani hubungan antar teman sebaya. Penelitian yang berdasarkan eksperimen lapangan di SMP Negeri 43 Surabaya yang terdapat peserta didiknya memiliki efikasi diri rendah dalam pergaulan teman sebaya. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif untuk meningkatkan efikasi diri siswa dalam pergaulan teman sebaya di SMP Negeri 43 Surabaya. Subjek dari peneliti ini adalah peserta didik kelas VIII. Upaya dalam meningkatkan efikasi diri dalam pergaulan teman sebaya yaitu menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan komunikatif untuk membantu peserta didik meningkatkan pergaulan dengan teman sebayanya. Penelitian menggunakan metode penelitian yaitu kuantitatif eksperimen dengan desain pre-eksperimen one group pre-test dan post-test. Subjek penelitian dipilih berdasarkan siswa yang memiliki kategori rendah,sedang , dan tinggi sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan datanya dilaksankan melalui penyebaran angket efikasi diri dalam pergaulan teman sebaya dengan 40 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji-wilcoxon dengan menunjukkan hasil analisis bahwa nilai signifikasinya yaitu 0,001 atau lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dalam pergaulan teman sebaya antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dikatakan meningkat atau Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga adanya peningkatan efikasi diri pergaulan teman sebaya dengan pemberian bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif. Diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi yang akan dilakukan oleh peneliti selanjutnya, sehingga ketika peneliti selanjutnya menggunakan pembahasan yang sama dapat memilih subjek yang bersifat heterogen upaya pelaksanaan bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif lebih berkembang
Kata Kunci : Efikasi Diri, Pergaulan Teman Sebaya, Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Komunikatif
A student's self-confidence or self-efficacy in peer interactions is very important. For students, lack of self-confidence or low self-efficacy will hinder their development tasks, especially in relationships between peers. Research based on field experiments at SMP Negeri 43 Surabaya where students had low self-efficacy in peer interactions. This research aims to determine the application of group guidance on communicative game techniques to increase students' self-efficacy in peer interactions at SMP Negeri 43 Surabaya. The subjects of this research were class VIII students. Efforts to increase self-efficacy in peer interactions include using group guidance services with communicative game techniques to help students improve their interactions with peers. The research uses a research method, namely quantitative experimentation with a one group pre-test and post-test pre-experimental design. The research subjects were selected based on 14 students in the low, medium and high categories. The data collection technique was carried out by distributing a self-efficacy questionnaire in peer interactions with 40 statement items. The data analysis technique uses the Wilcoxon test, showing the results of the analysis that the significance value is 0.001 or less than 0.05. So it can be concluded that self-efficacy in peer interactions between before and after being given treatment is said to increase or Ho is rejected and Ha is accepted. So that there is an increase in self-efficacy in peer interactions by providing group guidance on communicative game techniques. It is hoped that this research can be used as a reference for future researchers, so that when future researchers use the same discussion they can choose subjects that are heterogeneous in nature, efforts to implement group guidance on communicative game techniques are more developed.
Keywords: Self-Efficacy, Peer Association, Group Guidance on Communicative Game Techniques